April 23, 2008

Pariwisata: Pulau Pahawang-Legundi Objek Wisata Potensial

PUNDUH PIDADA (Lampost): Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. mengatakan Pemprov akan memberikan perhatian terhadap pengembangan objek wisata Pulau Pahawang dan Pulau Legundi. Kedua objek wisata bahari itu menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Ketika berada di dua lokasi tersebut kemarin (22-4), Gubernur didampingi Penjabat Bupati Pesawaran, Harris Fadilah dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pesawaran, Afrudin.

"Kedua pulau tersebut mempunyai nilai lebih di sektor pariwisata, terlebih pada 2009, tahun kunjungan wisata ke Provinsi Lampung. Saya yakin daerah ini akan menarik minat wisatawan untuk datang ke sini karena keindahan alamnya sangat menarik," kata Sjachroedin.

Selama di Kabupaten Pesawaran, Gubernur Lampung memberikan bantuan kepada masyarakat dan masjid setempat serta bantuan berupa ternak, dan alat-alat olahraga.

"Bantuan ini untuk perkembangan daerah dan untuk memaksimalkan hasil tangkapan," ujar dia.

Sementara itu, Harris Fadilah mengatakan Kabupaten Pesawaran berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata, khususnya di Kecamatan Padang Cermin dan Kecamatan Punduh Pidada yang memiliki keindahan alam yang menunjang untuk pengembangan kepariwisataan khususnya di Kabupaten Pesawaran.

Dia mengakui daerah ini dikenal memiliki keindahan alam yang eksotis karena bentang alamnya yang memiliki gunung dan pantai sehingga memberi nilai lebih di bidang kepariwisataan.

"Kami akan membenahi infrastruktur sebagai penunjang daerah ini sebagai tujuan wisata andalan dan secara bertahap akan mengembangkan daerah ini," jelas Harris.

Harris juga memberikan bantuan berupa perahu kepada nelayan yang tinggal di Pulau Pahawang. Selain sebagai penunjang mata pencarian, dia berharap bantuan perahu Pemkab Pesawaran ini bisa dijadikan sebagai sarana transportasi untuk masyarakat khususnya para guru yang mengajar di Pulau Pahawang. "Kami berharap bantuan ini menjadi semacam akses untuk masyarakat yang tinggal di Pulau Pahawang agar tidak terkesan terisolasi."

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pesawaran, Afrudin, menjelaskan kunjungan Gubernur juga dalam rangka peluncuran program Coastal berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin di daerah pantai melalui konservasi pantai terpadu. n SWA/D-2

Sumber: Lampung Post, Rabu, 23 April 2008

2 comments:

  1. hi..saya tertarik sekali dengan keindahan lampung. saya ingin berwisata ke lampung, inginnya sih kepulau2 yang masih jarang didatangi orang tapi tersedia fasilitas menginap? dan teman saya pernah memberitahu tentang pulau itu(tapi dia lupa nama pulaunya)..ada kah?

    maaf merepotkan, saya sudah browsing tapi tidak ada info yang lengkap mengenai pulau itu dan alamat lengkapnya..(saya belum pernah kelampung, takut tersasar)

    thanx

    ReplyDelete
  2. Anonymous9:43 AM

    saya juga tidak paham pulau apa yang dimaksud. pulau yang ada penginapannya.

    ReplyDelete