December 16, 2009

Peminat Bahasa Lampung Minim

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Peminat bahasa Lampung di kalangan siswa SMA di Bandar Lampung masih minim. Oleh karena itu, peran sekolah dalam melestarikan bahasa daerah harus ditingkatkan.

Demikian terungkap dalam kegiatan Gebyar Bahasa SMP-SMA Al Azhar yang berlangsung selama dua hari di SMA 3 Al Azhar Bandar Lampung, Selasa (15-12).

"Antusiasme siswa dalam berbahasa Lampung masih sangat minim dibandingkan antusiasme yang ditunjukkan siswa dalam berbahasa Inggris," kata Penanggung Jawab Kegiatan Syarifah Maulida Afdi.

Menurut dia, indikatornya cukup sederhana, jumlah peserta yang mengikuti lomba bahasa Lampung sangat sedikit, begitu pula dengan sekolah yang mengirimkan siswanya berkompetisi dalam bahasa daerah tersebut.

"Dari 146 peserta yang mengikuti kegiatan ini, 50 persen di antaranya adalah peserta perlombaan dalam bahasa Inggris. Sedangkan untuk lomba bahasa Lampung tak sampai 20 persen," kata dia.

"Begitu pula dengan partisipasi sekolah. Dari 16 sekolah yang berpartisipasi, semuanya turut andil dalam perlombaan berbahasa Ingris, tapi untuk lomba bahasa Lampung hanya sebagian yang mengikuti," ujar dia.

Syarifah mengaku sempat ragu untuk mengikutsertakan lomba aksara dan membaca puisi Lampung. "Awalnya kami sempat ragu, tapi miris rasanya jika bahasa Inggris dan bahasa Arab kami perlombakan, bahasa Lampung sebagai bahasa daerah kita sendiri, ditinggalkan," kata dia.

Akhirnya, panitia sepakat untuk tetap menjadikan bahasa lampung sebagai kategori perlombaan gebyar bahasa bersama bahasa Indonesia, Inggris dan bahasa Arab.

Ia menjelaskan empat kategori bahasa itu terbagi ke dalam beberapa mata perlombaan, seperti scrabble, spelling bee, news casting, speech, puisi, dongeng, pidato, kaligrafi.

Ia menambahkan dalam gebyar bahasa ini juga dipilih sepasang duta bahasa sekolah Al Azhar. "Tugas mereka adalah mempromosikan sekolah dan Yayasan Al Azhar ke luar," kata dia.

Menurut dia, seorang duta bahasa Al Azhar harus memiliki empat kecakapan bahasa: Indonesia, Inggris, Arab, dan Lampung. "Semua itu diujikan dalam tes tulis dan wawancara yang harus mereka ikuti," kata dia. n MG14/S-1

Sumber: Lampung Post, Rabu, 16 Desember 2009

No comments:

Post a Comment