December 20, 2009

UKMBS Gelar Serangkaian Acara Seni

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) Universitas Lampung pada ulang tahunnya yang ke-20 menggelar rangkaian acara berupa diskusi kesenian atau Bilik Jumpa Seniman Mahasiswa (Bijusa), story telling, pementasan tari, dan pementasan musik.



ULANG TAHUN UKMBS. Tari Muli Betanggai dipentaskan dalam ulang tahun ke-20 UKMBS Unila di Aula Gedung PKM Unila, Jumat (18-12). Tari khas Lampung ini acap dipertunjukkan di luar negeri untuk memperkenalkan budaya Indonesia. (LAMPUNG POST/M. REZA)

Rangkaian acara tersebut berlangsung selama tiga hari, 17--19 Desember 2009 pukul 19.00 WIB di Gedung PKM lantai I dan II dengan mengundang kalangan dinas pemerintahan, dosen, sanggar, dan komunitas seni di Lampung.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Ahmad Hidayat, rangkaian kegiatan ini bertujuan memperingati HUT UKMBS Unila yang ke-20 dan membangkitkan gairah seni di bumi Lampung, khususnya bagi kawula muda yang kian hari terpengaruh budaya asing.

Dalam diskusi Bijusa, Kamis (17-12), dibahas tema geliat kesenian di bumi Lampung, siapa peduli?. Tampil sebagai narasumber, Khaedarmansyah (birokrat) dan Iswadi Pratama (seniman). Sedangkan moderator dari kalangan jurnalis Rahmat Sudirman. Turut hadir dalam acara tersebut beberapa alumnus UKMBS Unila, seperti Ahmad Yulden Erwin dan Ari Pahala Hutabarat. Keduanya banyak mempersoalkan tidak adanya visi bersama seniman Lampung dalam membangun kesenian di Lampung. Juga hadir dalam forum itu sastrawan-seniman lain seperti Isbedy Stiawan Z.S., Edy Samudra Kertagama, Sugandhi Putra, Syaiful Irba Tanpaka, Entus Alrafi, Udo Z. Karzi, dan Andika Sidik.

Sementara, Jumat (18-12) tampil sebagai pembuka dari Divisi Teater dan Sastra yaitu story telling dengan judul Kenang-Kenangan Seorang Wanita Pemalu karya W.S. Rendra yang dibawakan oleh Devianty Lisa Elisabeth. Sebagai penutup, Divisi Tari Hujan Purnama menampilkan tari Muli Betanggai. Sedangkan dari Divisi Seni Rupa diadakan pameran kecil dari karya-karya anggota Divisi Seni Rupa di koridor penyambutan tamu.

Di hari terakhir, Santu (19-12) diadakan acara potong tumpeng dan ramah-tamah anggota dan alumni UKMBS Unila yang kemudian dilanjutkan pembacaan puisi Cahya Wulandari dan Retno. Acara khidmat ini bertambah meriah dengan penampilan musik lagu-lagu Rhoma Irama yang dibawakan oleh Divisi Musik pada malam harinya. n ZUL/S-1

Sumber: Lampung Post, Rabu, 23 Desember 2009

No comments:

Post a Comment