December 14, 2007

Kesenian: Bandar Lampung Wakili Indonesia ke Taiwan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Bandar Lampung menjadi wakil Indonesia dalam Taipei International Travel Fair kategori pertunjukan kesenian tanggal 16--17 Desember 2007, di Taipei Word Trade Centre, Exhibion Hall I, Taipei, Taiwan.

Pada pertunjukan kesenian daerah tersebut, Bandar Lampung akan menampilkan Sanggar Tapis Berseri. Sanggar yang dipimpin Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung Saad Asnawi menyuguhkan empat lagu dan lima tarian daerah Lampung, pada Taipei International Travel Fair (TITF) tersebut.

Pembina Sanggar Tapis Berseri Hj. Nurpuri Eddy Sutrisno mengatakan pertunjukan kesenian dalam TITF tersebut merupakan satu dari lima kegiatan yang diikuti Indonesia. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Direktorat Jendral Pemasaran berdasarkan surat No. 704/Dit-LN/XI/2007 tanggal 8 November 2007, mengutus Kota Bandar Lampung mempersiapkan pertunjukan seni.

Kegiatan dalam TITF yang diikuti oleh seluruh negara asia itu, menurut Nurpuri, terdiri dari kegiatan pelayanan informasi di Pavilion Indonesia; Press Confrence/Travel Dialog; pertunjukan kesenian; pembagian cendera mata; dan pendistribusian bahan-bahan promosi.

"Sebenarnya, wakil dari Indonesia bukan hanya Bandar Lampung. Tapi, ada beberapa daerah lain dengan tugas mengikuti kegiatan lainnya yang sudah diminta panitia TITF," kata Nurpuri, kepada Lampung Post, Kamis (13-12).

Tujuan dari pertunjukan kesenian dalam TITF tersebut, kata Nurpuri, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya Taiwan ke Indonesia, tidak terkecuali ke Bandar Lampung yang kini mulai menjadi salah satu daerah wisata alam. "Ini merupakan kehormatan besar bagi Bandar Lampung dalam mengikuti festival seni tersebut. Diharapkan, ke depan, Bandar Lampung semakin dikenal di mancanegara," kata dia.

Ketua Sanggar Tapis Berseri Saad Asnawi mengatakan selama dua hari sanggar yang dipimpinnya diberikan kesempatan untuk menampilkan lagu dan tari daerah Lampung. Pada hari pertama, akan ditampilkan dua lagu dan dua jenis tarian. Yaitu, lagu "Zapin" dan lagu klasik Lampung "Balin Pulih" serta tari Nugal Pakhi dan tari Bedana.

Sedangkan pada hari kedua, tanggal 17 Desember 2007, Sanggar Tapis Berseri akan menampilkan dua lagu; lagu "Teluk Lampung" dan lagu klasik Lampung "Tikham Jawoh". Tarian yang akan ditampilkan adalah tari Sang Akhuk, Hadra, dan Kipas.

Seluruh tim yang akan diberangkatkan sebanyak 21 orang. Terdiri dari pembina sanggar, pengurus, dan tim Kesenian, baik penari maupun pemusik.

"Jadi, kami meminta doa restu kepada seluruh warga Bandar Lampung khususnya dan warga Lampung umumnya, agar penampilan Sanggar Tapis Berseri di Taipei International Travel Fair dapat berhasil baik dan sukses," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung itu. n KIM/K-1

Sumber: Lampung Post, Jumat, 14 Desember 2007

No comments:

Post a Comment