December 14, 2007

Visit Lampung 2009: Lampung Jadi Andalan Pariwisata

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lampung diharapkan menjadi daerah tujuan wisata yang bisa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia seratus persen setiap tahun.

VISIT LAMPUNG 2009. Direktur Niaga PT Merpati Nusantara Airlines Jaka Pujiyono (kanan) menyerahkan cendera mata kepada Direktur Ari Tour Zein Ginting pada soft launching Visit Lampung 2009 di Hotel Sheraton Bandar Lampung, tadi malam (13-12). Sekprov Lampung Irham Djafar Lan Putra (kedua kanan) dan Pemimpin Redaksi Lampung Post Ade Alawi (kedua kiri) juga mendapat cendera mata. (LAMPUNG POST/SYAIFULLOH)

Ketua Tim Persiapan Visit Lampung 2009 Suryono S.W. mengatakan hal iin saat soft opening Visit Lampung 2009 dan Inauguration Flight Merpati Nusantara Airlines di Hotel Sheraton Bandar Lampung, tadi malam (13-12).

"Jika kini ada 12 ribuan wisatawan mancanegara dan 600 ribu wisatawan Nusantara, peningkatan diharapkan terjadi dua kali lipat tahun mendatang," kata Suryono.

Selama ini sudah ada upaya pengembangan potensi wisata dari kabupaten/kota di Lampung. Namun, upaya itu belum terintegrasi hingga tidak bisa menghasilkan daerah sasaran wisata yang utuh.

Kini, sekitar enam juta wisatawan mancanegara ke Indonesia per tahun. Bali, Jakarta, dan Batam masih menjadi daerah tujuan utama. "Yang masuk Bali 2,5 juta, Jakarta 1,9 juta, dan Batam 1,1 juta. Sisanya satu juta tersebar di berbagai daerah. Kami menginginkan Lampung masuk menjadi salah satu daerah yang paling diminati," ujar Suryono.

Untuk mencapai target tersebut, Konsultan Visit Lampung 2009 Nicolas Lumanouw menyatakan perlu peran bupati dan wali kota. "Lampung punya potensi pariwisata luar biasa. Kita punya Krakatau yang indah dengan Siger yang bertengger di sana. Tapi orang masih berpikir takut untuk mendatanginya. Inilah yang menjadi tugas kita agar mereka berubah pikiran," kata dia.

Deklarasi Visit Lampung 2009 tadi malam ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding oleh Sekprov, Zein Ginting dari PT Arie Tour, dan Nicolas Lumanouw dari LSM ETSDC. Direktur Niaga Merpati Nusantara Airlines Jaka Pujiono juga memberi cendera mata kepada Pemprov, Arie Tour, dan Lampung Post. n */U-1

Sumber: Lampung Post, Jumat, 14 Desember 2007

No comments:

Post a Comment