December 3, 2007

Teater: Kober Pentas di Sumatera

Bandar Lampung, - Kompas Komunitas Berkat Yakin Lampung akan mengadakan pentas keliling di empat kota di Sumatera dengan membawakan lakon Rashomon (The Bandits) karya Ryunosuke Akutagawa. Pentas keliling itu terselenggara berkat dukungan Program Hibah Seni Yayasan Kelola 2007.

Pementasan pertama Rashomon (The Bandits) sudah diawali di Bandar Lampung pada Sabtu (1/12) dan Minggu kemarin di Gedung Teater Tertutup Taman Budaya Lampung. Pementasan akan dilanjutkan ke Pekan Baru, Riau, pada Minggu (9/12) di BPP Dinas Kebudayaan, Kesenian, dan Pariwisata Riau.

Pementasan di kota ketiga akan berlangsung di Taman Budaya Padang, Sumatera Barat, pada 12 Desember 2007. Pentas keliling akan berakhir di Taman Budaya Bengkulu pada 14 Desember 2007.

Pimpinan produksi Teater Komunitas Berkat Yakin (Kober) Lampung Ahmad Zilalin, Sabtu lalu, mengatakan, pada pentas keliling itu, naskah yang dipentaskan merupakan naskah hasil gubahan ketiga. Sebelumnya, pada tahun 1999 dan 2003-2004, Kober pernah menggubah naskah yang sama untuk dua kali pementasan di Jakarta.

Menurut Zilalin, pada gubahan ketiga tersebut Kober melakukan banyak perubahan dalam penggarapannya. "Kami memberikan sentuhan yang berbeda pada penampilannya, baik pada bentuk, alur cerita, hingga teks Rashomon," katanya.

Pada pementasan pertama, penggarapan serius terlihat pada pembagian alur ke dalam fragmen-fragmen yang didukung perubahan setting. Dengan kisah yang mengungkap persoalan mendasar manusia, yakni kehormatan dan harga diri, Rashomon dipentaskan dengan setting panggung realis dan surealis. Fragmen surealis dipakai untuk melengkapi jalan cerita realis.

Dalam alur realis, tampilan batang-batang bambu menjadi hutan tempat cerita terjadi. (hln)

Sumber: Kompas, Senin, 3 Desember 2007

No comments:

Post a Comment