October 6, 2008

Lebaran: Pengunjung Disuguhi Pesona Danau Ranau

LIWA (Lampost): Libur Lebaran tahun ini dimanfaatkan warga di sejumlah wilayah Lampung Barat untuk menikmati sejumlah objek wisata. Objek wisata yang ramai dikunjungi warga, di antaranya lokasi Pantai Labuhan Jukung, Ngambur, dan Pantai Melasti di wilayah Sumberjaya.

Kawasan rest area dijejaki masyarakat sekitar kecamatan itu. Kawasan Wisata Semining Lumbok Resort yang menawarkan pesona Danau Ranau dan Gunung Seminung, bahkan di Kecamatan Batu Brak, Balik Bukit, dan Sukau menyajikan tontonan panjat pinang dan pawai topeng sakuraan.

Di Danau Ranau, warga memadati wisata andalan Lampung Barat tersebut, yakni dengan mengitari danau menggunakan jasa kapal motor, bahkan ada juga yang bersama keluarganya menikmati susana danau dengan acara makan-makan.

Pengunjung yang datang bersama teman dan keluarganya itu tidak hanya dari wilayah Kecamatan Lampung Barat, tetapi juga dari sejumlah Kecamatan di OKU, Sumatera Selatan. "Di sini lokasinya bagus, dan masih sejuk," kata salah seorang pengunjung.

Manajemen Seminung Lumbok Resort menyajikan sejumlah permainan hingga hiburan untuk membuat betah pengunjung yang datang. "Kami berusaha memberikan pelayanan maksimal untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada pengunjung," kata Marhasan Sama, manajer Seminung Lumbok Resort.

Lomba panjat pinang di sejumlah pekon (desa) di Kecamatan Sukau, Balik Bukit, dan Batu Brak, sangat semarak dan warga menikmati tontonan tersebut. Bahkan tidak jarang di tempat acara menjadi pasar kaget seperti di Pekon Canggu, Batu Brak.

Sementara di wilayah Pesisir, lokasi kapal kargo dari Panama, yang karam di Pantai Melasti dua bulan lalu, menjadi objek tontonan baru bagi warga, sehingga dalam waktu liburan Lebaran bersama keluarganya menyempatkan datang ke lokasi tersebut.

"Informasinya sudah tahu kalau ada kapal besar yang karam, tetapi belum sempat datang, jadi kebetulan lagi kumpul bersama keluarga sekalian aja ke sini," kata Rin, warga setempat, Minggu (5-10).

Budaya berwisata pada Hari Raya Idul Fitri tersebut, memang sudah dilakukan warga Lampung Barat, selain memanfaatkan waktu libur juga karena sedang berkumpul bersama keluarga. n HEN/D-2

Sumber: Lampung Post, Senin, 6 Oktober 2008

No comments:

Post a Comment