October 18, 2008

Napak Tilas Ryacudu untuk Bangkitkan Nasionalisme Pemuda

BANDAR LAMPUNG (Ant): Wakil Bupati Way Kanan, Provinsi Lampung, Bustami Zainuddin, menyatakan bahwa Napak Tilas Ryacudu (NTR)ke-2 tingkat nasional tahun 2008, bertujuan untuk menumbuhkembangkan nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda saat ini.

"Upaya tersebut, selain merefleksikan semangat perlawanan para pejuang dalam mengusir penjajah, juga mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk selalu mengingat sejarah, kebudayaan dan bangga dengan kekayaan nasional yang dimiliki," kata dia, di Bandar Lampung, Sabtu (.

Napal tilas yang digelar kalangan generasi muda di Kabupaten Way Kanan yang didukung Pemda Kabupaten setempat itu, menurut Bustami, juga memberikan ruang bagi generasi muda untuk mengisi aktivitas secara positif serta mendorong terus berbuat kreatif dan inovatif.

Bustami menjelaskan, Mayjen TNI (Purn) Ryacudu adalah seorang tokoh dan sekaligus sosok ideal bagi warga Lampung khususnya masyarakat Way Kanan, tempat kelahiran pejuang itu.

Cerita heroik tentangnya menjadi kisah kepahlawanan yang memperkaya khazanah pahlawan bagi bangsa ini.

"Bahkan namanya diabadikan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lampung Utara, dan jalan di beberapa kota di Lampung," kata dia lagi.

Napak Tilas Ryacudu ke-2 yang diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Hari Pahlawan tanggal 9-10 November 2008 mendatang, merupakan kegiatan kedua kalinya, dengan target peserta 1.000 orang dari seluruh penjuru nusantara.

Rute yang akan dilalui sepanjang 40 kilometer, dimulai di Tanjung Bulan yang dulu menjadi markas Ryacudu, kemudian menyusuri jalan setapak, mendaki bukit, menyeberangi sungai dan melintasi hutan.

Pada 10 November 2008, dilakukan upacara penutupan yang direncanakan dihadiri oleh Menegpora, dilanjutkan peresmian Tugu Mayjen Ryacudu serta peletakkan batu pertama pembangunan Gedung Pemuda Way Kanan. (K-2)

Sumber: Lampung Post, Sabtu, 18 Oktober 2008

1 comment:

  1. salam..sya peserta napak tilas tahun 2008 dari Provinsi Banten. kenpa tahun ini tdk ada undangan untuk Banten

    ReplyDelete