March 16, 2013

Peran TBL Majukan Budaya Lampung

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Upaya pemerintah dalam melestarikan budaya di Lampung tidak terlepaskan dari peran kuat pihak Taman Budaya Provinsi Lampung. Sebagai tempat para seniman berkumpul, seharusnya Taman Budaya difungsikan secara maksimal oleh para tokoh seni di Lampung.

Kepala Taman Budaya Provinsi Lampung Helmi Azheharie mengatakan saat ini Taman Budaya Lampung (TBL) sendiri masih dalam tahap persiapan untuk kegiatan yang akan dimulai awal April mendatang. "April nanti, kami akan mengadakan workshop di beberapa kota dan kabupaten yang potensial untuk dikembangkan seninya, seperti seni tari di Tanggamus dan beberapa tempat lainnya," kata helmi


Lokakarya kesenian bertujuan membina sanggar-sanggar dan para seniman yang potensial. Pihaknya juga, kata Helmi, akan memberikan pelatihan yang akan dibina para fungsional Taman Budaya Lampung sendiri.

Tahun ini juga akan diadakan pertemuan antara praktisi Taman Budaya seluruh Indonesia pada Juni di Jambi. Selain itu, ada pameran dan pergelaran seni se-Sumatera yang akan dihelat pada November di Nangroe Aceh Darussalam.

"Tujuan kami aktif dalam kegiatan tersebut bukan hanya sebagai langkah partisipasi kami sebagai sesama taman budaya. Kami ke sana juga ingin menunjukkan budaya Lampung. Membuktikan kami tetap menjaga kesatuan NKRI. Apa kata dunia kalau dari semua provinsi datang, tetapi kami tidak hadir," kata Helmi.

Kegiatan eksperimentasi budaya juga dilakukan Taman Budaya Lampung, seperti melakukan inovasi budaya tanpa meninggalkan tradisi budaya lama.

Misalnya, melakukan dokumentasi pergelaran seni yang nantinya akan dijadikan bahan pencacah para pejabat Taman Budaya untuk mengkaji bahan dalam workshop seni yang diadakan setiap tahunnya. (CR-7/S-3)

Sumber: Lampung Post, Sabtu, 16 Maret 2013 

No comments:

Post a Comment