September 5, 2007

Sastra: Syaiful Irba Tanpaka 'Roadshow' Karya Terbaru

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Untuk menyampaikan pesan-pesan moral yang terkandung dalam karya puisi, penyair Lampung Syaiful Irba Tanpaka, Komunitas Sastra Kha-Gha-Nga akan melakukan roadshow ke SMA dan perguruan tinggi di Lampung.

Roadshow itu untuk menyosialisasikan terbitnya kumpulan puisi cinta karya terbaru Syaiful Irba Tanpaka, Karena Bola Matamu (Bukupop, Jakarta, Mei 2007).

Ketua Komunitas Sastra Kha-Gha-Nga Yunanda Saputra mengatakan sebagai salah satu penyair terkemuka di Lampung, Syaiful Irba Tanpaka merupakan aset bagi Lampung. Sebab itu, untuk lebih mengenalkannya kearifan pesan-pesan moral yang terkandung dalam karya-karya puisinya, Komunitas Sastra Kha-Gha-Nga mengagendakan roadshow selama tiga bulan mulai tanggal 8 September--8 November 2007.

"Dengan adanya roadshow ini kami harapkan bisa meningkatkan apresiasi pelajar dan mahasiswa terhadap karya sastra puisi. Sekaligus meningkatkan wawasan bagi pelajar dan mahasiswa terhadap khazanah kesusasteraan untuk perkembangan dunia sastra di Lampung," kata Yunanda, Selasa (4-9).

Menurut dia, puisi Syaiful Irba Tanpaka sarat pesan-pesan moral dalam menanggapi berbagai fenomena sosial yang melingkupinya. Tidak hanya sebatas cinta kepada kekasih, tetapi juga cinta universal antara makhluk dan Sang Pencipta, sehingga pembaca akan menemukan hakikat cinta kepada kekasih, cinta kepada ibu bapak, cinta kepada sang anak.

"Bang Syaiful mampu menggugah nurani pembaca dengan beragam suasana cinta yang mendera, seperti kerinduan, kesepian, kepedihan, kegetiran, dan kebahagiaan," kata dia.

Adapun jadwal roadshow diawali dari SMA di Bandar Lampung, antara lain SMAN 11, SMAN 3, SMA Taman Siswa, SMAN 10, dan SMA Perintis. Kemudian SMAN 1 Gadingrejo, Tanggamus, SMAN 1 Gunungsugih (Lampung Tengah), SMAN 1 Menggala (Tulangbawang), SMAN 2 Kalianda (Lampung Selatan), dan SMAN 3 Kotabumi, Lampung Utara. Lalu STKIP Muhammadiyah Kotabumi, Universitas Muhammadiyah Metro, Perguruan Tinggi Teknokrat, STMIK Darmajaya, dan IAIN Raden Intan, Bandar Lampung. RIN/S-2

Sumber: Lampung Post, Rabu, 5 September 2007

No comments:

Post a Comment