March 1, 2009

Hiburan Malam Harus HIdup dan Jangan Ternoda

Bandarlampung, 1/3 (ANTARA) - Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu mengharapkan agar lokasi-lokasi hiburan malam di Kota Bandarlampung tetap dihidupkan dan dikemas dengan baik guna menyukseskan Visit Lampung Year (VLY) 2009, namun jangan sampai dinodai oleh hal-hal yang negatif seperti narkoba.

Dalam Bincang Sabtu di kantor Pesatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Lampung, di Bandarlampung, Sabtu, Gubernur Syamsurya mengemukakan bahwa pembangunan pariwisata di Lampung terus digalakkan, namun masih banyak kendala, antara lain infrastruktur, partispasi masyarakat, dan cara mengemas potensi yang ada.

Khusus soal lokasi hiburan malam, seperti di kawasan Jalan Yos Sudarso, gubernur Lampung menegaskan, harus dikelola sedemikian rupa agar menarik pengunjung, baik wisatawan lokal, nasional, maupun manca negara.

Dia mencontohkan, hiburan malam bukan berarti penuh dengan diskotik-diskotik yang selalau dikesankan negatif, tetapi bagaimana agar bisa dikemas sedemikian rupa agar suasananya bersih, aman, dan nyaman, sehingga membuat orang bisa senang beristirahat atau mencari hiburan di sana dan mereka terlayani dengan baik.

"Jadi hiburan malam itu bukan berarti selalu penuh dengan diskotik-diskotik, tapi bagaimana agar orang yang ke tempat hiburan malam itu bisa menikmati dengan baik dan benar-benar bisa untuk bersenang-senang," katanya.

Karena itu, ia mengharapkan agar lokasi hiburan malam di Kota Bandarlampung itu harus dikelola dengan baik termasuk bebas dari hal-hal negatif seperti tempat peredaran narkoba atau hal negatif lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, M. Natsir Ari, menjelaskan, dalam rangka VLY 2009 ini, terdapat sekitar 42 kegiatan pariwisata yang telah, sedang dan akan terus digelar baik oleh tingkat provinsi maupun sebelas kabupaten dan kota.

VLY sendiri telah dipersiapkan sejak tahun 2007 dan gencar dipromosikan di tahun 2008, bahkan pada saat pelaksanaan di tahun 2009 ini promosi masih terus dilakukan, termasuk dengan sejumlah stasiun TVRI maupun TV swasta nasional serta TV asing negara tetangga.

Sebelumnya diberitakan, kawasan objek wisata malam di Jalan Yos Sudarso, Telukbetung, Kota Bandarlampung perlu terus dihidupkan, terlebih lagi pada masa Tahun Kunjungan Wisata Lampung (Visit Lampung Year/VLY 2009), karena di sana selain bisa dinikmati para wisatawan lokal, nasional, dan manca negara juga menampung orang-orang kapal.

"Kawasan objek wisata di Jalan Yos Sudarso perlu dihidupkan, karena untuk orang-orang kapal saja bisa mencapai sekitar 8.000 orang per tahun, dan mereka perlu tempat sarana belanja dan hiburan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi pelabuhan," kata Ir Citra Persada MSc dari Forum Lampung Sinergi Interaktif.

Sumber: Antara, 28 Februari 2009

No comments:

Post a Comment