March 30, 2009

Pantai Ramai tanpa Sentuhan

LABUHAN MARINGGAI (Lampost): Pantai Muara Indah di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur, belum dimanfaatkan secara optimal.

Padahal objek wisata yang membentang hampir sepanjang tiga kilometer itu setiap akhir pekan atau pada hari libur sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Salah seorang warga Desa Muara Gading Mas, Ical, saat ditemui kemarin (29-3), menjelaskan Pantai Muara Indah hanya beberapa puluh meter dari lokasi Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Muara Gading Mas. Pantai itu membentang dari Desa Muara Gading Mas hingga Kuala Penet.

Sejak dua tahun terakhir, pantai tersebut ternyata menyita perhatian wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Sebab, selain pantainya bersih, pemandangan sekitarnya juga indah.

Sayangnya, kata Ical, meski Pantai Muara Indah kini telah menjadi primadona wisata pantai di Labuhan Maringgai, sampai sejauh ini belum ada perhatian dalam pengelolaan, baik dari Dinas Pariwisata Lamtim atau investor. Aset wisata yang sangat potensial yang masih sangat alami tersebut hanya dibiarkan begitu saja tanpa sentuhan.

Padahal jika lokasi wisata tersebut dikelola dengan baik, sedikit banyak dipastikan bisa mengontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD) Lamtim. "Sayang sekali potensi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan itu dibiarkan begitu saja. Coba kalau Dinas Pariwisata mau mengelolanya, sedikit banyak dipastikan bisa menambah pemasukan bagi PAD Lamtim," kata dia.

Hal senada juga disampaikan Kandar. Warga Desa Muara Gading Mas tersebut juga menyayangkan keindahan Pantai Muara Indah dibiarkan begitu saja.

Menurut dia, di pantai itu, pengunjung bukan hanya bisa mandi di pantai dengan debur ombak kecil, melainkan juga dapat menyaksikan indahnya pemandangan panorama laut dengan kehadiran bagan-bagan milik nelayan.

Dengan kondisi alami dan seadanya saja, tanpa ada promosi, pantai tersebut sudah bisa menyedot ratusan pengunjung setiap akhir pekan atau hari libur, apalagi jika dikelola dengan baik.

"Saya kira lokasi wisata Pantai Muara Indah itu memang layak dikembangkan karena kebersihan dan keindahan pantai itu memang tak kalah dengan tempat lain di Provinsi Lampung ini," kata Kandar.

Sesuai dengan namanya, pemandangan pantai Muara Indah memang indah dan menarik. Dengan ombak yang tidak besar, pengunjung juga bisa dengan santai menikmati terpaan angin laut dan dengan aman pula bisa mandi di sepanjang lokasi pantai tersebut. n JON/R-2

Sumber: Lampung Post, Senin, 30 Maret 2009

No comments:

Post a Comment