March 19, 2009

HUT Lampung: Warga Rayakan Pesta Rakyat

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Ribuan masyarakat Lampung ikut memeriahkan pesta rakyat yang diadakan di Lapangan Korpri sebagai puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-45 Provinsi Lampung, tadi malam (18-3).

PESTA RAKYAT. Ribuan warga menghadiri pesta rakyat menyambut hari ulang tahun ke-45 Provinsi Lampung di Lapangan Korpri, Bandar Lampung, Rabu (18-3) malam. Malam pesta rakyat itu dimeriahkan penampilan sejumlah grup band asal Lampung.
(LAMPUNG POST/ZAINUDDIN)


Mereka dihibur penampilan band Lampung seperti Astro, Thryn, Disstone, Ken Arok, Compaq, Lensa, dan Rensa Ganvis. Tidak hanya remaja dan anak muda, para orang tua turut menghadiri pesta HUT Lampung itu sambil membawa anak-anak mereka. Acara juga dimeriahkan dengan pesta kembang api.

Pada malam itu, di lantai III Balai Keratun, Gubernur Syamsurya Ryacudu bersama jajaran Muspida merayakan puncak HUT Lampung dengan memotong tumpeng. Acara dihadiri Kapolda Brigjen Pol. Ferial Manaf, unsur pimpinan DPRD Provinsi Lampung, Kepala Dinas Kominfo Adeham, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Hermasyah, M.U.R.P., dan unsur Muspida lain.

Menurut Syamsurya, pembangunan Provinsi Lampung sudah menunjukkan kemajuan di berbagai bidang kehidupan, baik sosial, budaya, agama, ekonomi, politik, iptek, hukum, keamanan maupun pembangunan wilayah dan tata ruang. "Keberhasilan pembangunan yang telah diraih memang belum bisa dirasakan semua pihak. Masih banyak permasalahan pembangunan yang belum bisa kita wujudkan."

Dia berharap HUT Lampung ini menjadi suatu wahana untuk penyegaran kembali serta mengevaluasi karya, pengabdian, dan perjuangan untuk kemajuan daerah dan masyarakat.

Usai potong tumpeng, Syamsurya langsung menuju lapangan tempat berlangsungnya pesta rakyat. Dia disambut atraksi barongsai.

Pagi harinya, anggota DPRD Lampung menggelar rapat paripurna istimewa memperingati HUT ke-45 Provinsi Lampung yang jatuh pada 18 Maret di Gedung DPRD Lampung, Bandar Lampung, Rabu (18-3). Rapat hanya dihadiri 34 orang dari 65 anggota, termasuk tiga pimpinan. Hadir juga Wali Kota Bandar Lampung Eddy Sutrisno.

Dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Lampung Indra Karyadi menyoroti masalah banyaknya jumlah penduduk Lampung yang kini terbanyak kedua di Pulau Sumatera setelah Sumatera Utara. Dari 10 provinsi di Pulau Sumatera, jumlah penduduk Provinsi Lampung mencapai 7,3 juta jiwa.

Selain persoalan tersebut, Indra Karyadi juga memaparkan kerusakan hutan lindung di Provinsi Lampung mencapai 80% dari luasnya 317.615 hektare. Hutan suaka alam dan hutan wisata seluas 462.030 hektare rusak 43% di antaranya.

"Kami mencermati kalau di Provinsi Lampung telah terjadi alih fungsi hutan secara tidak bertanggung jawab. Kondisi ini tentu akan membawa dampak buruk bagi lingkungan hidup dan kemajuan Provinsi Lampung pada masa mendatang," kata Indra.n KIS/RIN/U-2

Sumber: Lampung Post, Kamis, 19 Maret 2009

No comments:

Post a Comment