March 1, 2009

Wisata Malam Yos Sudharso Tampung Orang Kapal

Bandarlampung, 28/2 (ANTARA) - Kawasan objek wisata malam di Jln. Yos Sudharso, Telukbetung, Kota Bandarlampung perlu dihidupkan, terlebih lagi pada masa Tahun Kunjungan Wisata Lampung (Visit Lampung Year/VLY 2009.

Objek wisata tersebut, selain bisa dinikmati para wisatawan nusantara juga mancanegara dan menampung orang-orang kapal, kata Ir. Citra Persada M.Sc dari Forum Lampung Sinergi Interaktif, di Bandarlampung, Sabtu.

"Kawasan objek wisata di Jln. Yos Sudharso perlu dihidupkan, karena untuk orang-orang kapal saja bisa mencapai sekitar 8.000 orang per tahun, mereka itu perlu tempat sarana belanja dan hiburan yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi pelabuhan," katanya.

Dosen teknik sipil Universitas Lampung (Unila) itu mengatakan hal tersebut pada "Bincang Sabtu" Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Lampung, dalam rangka menyongsong puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke-63 PWI tingkat Provinsi Lampung 2009.

Bincang pagi yang disiarkan langsung RRI Bandarlampung dan siaran tunda TVRI, Lampung TV (LTV), dan Tegar TV Lampung itu juga dihadiri Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu, Wakil Wali Kota Bandarlampung, Kherlani, pengamat pariwisata Lampung, Ir. Ansyori Djausal M.T, pengurus Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Lampung, Ketua PWI Cabang Lampung (non-aktif), A. Rio Teguh, dan Plt. Ketua PWI Cabang Lampung, Iskandar Zulkarnain.

Dalam acara yang dipandu Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Cabang Lampung, Drs. Zahral Mutzaini itu, Citra Persada mengemukakan lebih lanjut, ada sejumlah objek wisata di Kota Bandarlampung yang memang harus dihidupkan, karena sudah ada potensi kunjungannya.

Dia menjelaskan, kawasan wisata malam di Jln. Yos Sudharso Telukbetung Bandarlampung yang dekat dengan pantai laut dan dekat pelabuhan internasional (ekspor-impor) Panjang itu perlu ditata dan dihidupkan, selain turis lokal, nasional, dan mancanegara setiap tahun sekitar 8.000 orang kapal yang berlabuh di sana.

"Orang-opang kapal itu kan butuh belanja, hiburan, serta istirahat, dan jelas harus ke lokasi yang tidak boleh jauh-jauh dari pelabuhan, dan itu adanya di Jln. Yos Sudahrso," katanya.

Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu mengajak seluruh jajarannya dan masyarakat di Lampung bersama-sama menyukseskan Visit Lampung Year 2009 itu mulai dari membersihkan lingkungan tempat tinggal dan usaha masing-masing, misalnya dari membersihkan kamar kecil (WC).

Wakil Wali Kota Bandarlampung, Kherlani mengemukakan, pihaknya akan terus memperhatikan upaya-upaya yang bisa memajukan dunia kepariwisataan dan mendorong ke arah yang lebih maju, untuk suskesnya program itu perlu dukungan seluruh lapisan masyarakat, termasuk menerapkan budaya bersih.

Sumber: Antara, 28 Februari 2009

No comments:

Post a Comment