March 3, 2009

Kesenian: Kantor Bahasa Gelar Bengkel Sastra SMA

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kantor Bahasa Provinsi Lampung menggelar bengkel sastra musikalisasi puisi untuk siswa SMA se-Provinsi Lampung. Tujuan kegiatan menumbuhkembangkan minat siswa SMA di bidang sastra dan musik, serta mempererat tali persatuan dan kesatuan antarsiswa SMA.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Agus Sri Danardhana mengatakan musikalisasi puisi ini sengaja digelar untuk siswa SMA.

"Kami melihat minat siswa SMA untuk mengikuti kegiatan ini sangat besar, dari traget 10 sekolah, saat ini ada 14 sekolah yang mengikuti kegiatan ini," kata dia usai pembukaan bengkel sastra di Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Senin (2-3).

Dia mengatakan selain menumbuhkan rasa cinta pada sastra, bengkel sastra juga menjadi ajang pembinaan bagi siswa SMA sebelum mengikuti festival musikalisasi puisi tingkat Sumatera maupun tingkat nasional. "Kita ingin menjaring bibit unggul dalam bidang musikalisasi puisi, sekaligus membina mereka," kata dia.

Menurut Danar, panggilan akrab Agus Sri Danardhana, kegiatan ini menghadirkan beberapa pembicara, yakni pembicara lokal Ari P. Hutabarat, dan pembicara dari Jakarta, Fredy Asri, dan Heri S. Putra dari Sanggar Matahari Jakarta. Sanggar Matahari merupkan sanggar yang mengkhususkan diri pada pembinaan musikalisasi puisi.

Sedang materi yang disampaikan meliputi bahasa dan sastra, serta pengenalan musikalisasi puisi kepada para siswa.

Menurut Danar, prestasi siswa Lampung dalam festival musikalisasi puisi cukup menggembirakan. Tahun 2007 lalu, siswa SMAN 11 Bandar Lampung berhasil menjadi juara harapan tingkat nasional. Kemudian tahun 2008, siswa SMAN 11 berhasil menjadi juara I musikalisasi puisi tingkat Pulau Sumatera.

Kegiatan bengkel sastra berlangsung selama tiga hari, 2--4 Februari, di Kantor Bahasa Provinsi Lampung. Melalui kegiatan ini siswa SMA di Provinsi Lampung diajak untuk saling mengenal satu sama lain, sehingga terjalin persatuan dan kesatuan.

"Kegiatan ini juga untuk menghindarkan adanya gesekan antarsekolah yang bisa berakibat buruk," kata dia. n UNI/S-1

Sumber: Lampung Post, Selasa, 3 Maret 2009

No comments:

Post a Comment