March 12, 2009

[Ekspresi] Suyoto: Berawal dari Senang Membaca

Oleh Dera Teresia Putri

KECINTAANNYA pada dunia perpustakaan membawanya menjadi Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Pengurus Provinsi Lampung dan memperoleh Juara Umum Pustakawan Tingkat Nasional.

“Dulu saat masih kecil saya senang membaca buku cerita rakyat, hingga kini pun saya masih ingat, jika saya bercerita kepada anak-anak saya,” cerita Suyoto SH SIP seorang yang bekerja sebagai pustakawan di perpustakaan Unila.

Beranjak remaja, selain buku cerita rakyat, pria yang biasa bekerja dari hari Senin sampai sabtu pukul 08.00-17.00 ini juga senang membaca buku tentang teknologi pertanian, obat-obatan tradisional, tanaman, kesehatan bahkan buku tentang makanan pun ia senang membacanya.

Dari membaca ia bisa menambah keahliannya yang lain. Selain suka memasak, ayah dari empat orang anak ini juga bisa melakukan pijat refleksi, itupun berkat dari hobi membacanya. Hal itulah yang mendekatkan Suyoto dengan bidang yang saat ini menjadi profesinya.

Awalnya pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Pengurus Provinsi Lampung, bekerja di Kemahasiswaan Rektorat Unila pada tahun 1978. Sambil bekerja ia menyambi melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Unila sebagai Mahasiswa Non Reguler pada Tahun 1980-1986.

Sebagai mahasiswa pada umumnya, ia juga membutuhkan bahan bacaan. Oleh karena itu ia pergi ke perpustakaan, “tetapi saat itu kondisi perpustakaan sangat memprihatinkan,” kenang Suyoto.

Kondisi itulah yang membuat Suyoto berinisiatif mencari referensi buku-buku kuliah yang sering digunakan dosen untuk mengajar. Akhirnya Suyoto mengkoordinir teman-temannya untuk membeli buku-buku tersebut. Dengan cara menanyakan kepada dosen bersangkutan buku apa yang digunakan. Suyoto membeli buku-buku tersebut, bukan hanya di Lampung saja, bahkan sampai ke Jakarta ia harus membeli buku yang dibutuhkan. “Saking ingin baca,” ujarnya.

Selain itu Pria yang beristrikan Dra Chandra Kirti seorang guru di salah satu SMP swasta di Bandar Lampung ini juga aktif di kegiatan kemahasiswaan. Ia juga merupakan salah satu pendiri Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) bersama teman-temannya di antaranya Nasyrullah Yusuf dan Acheng pada tahun 1983-an.

Pada tahun 1991 ia pindah kerja ke bagian akademik rektorat. Saat itu ia ditawari beasiswa sekolah untuk perpustakaan di Universitas Indonesia (UI) oleh Prof Dr Margono Slamet (Rektor pada masa itu, red). Disinilah awal mula lebih mantapnya Suyoto dengan bidang perpustakaan. Selama dua tahun ia sekolah disana, pada tahun 1993 Suyoto kembali ke Lampung dan langsung ditempatkan di Perpustakaan Unila yang sudah dipindahkan di gedung perpustakaan unila saat ini. Sebelumnya perpustakaan Unila berada di gedung Pascasarjana Fakultas Hukum.

Di sinilah ia aktif mengikuti kegiatan dan pertemuan-pertemuan organisasi profesi pustakawan, Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI). Ia pun mempelajari kondisi perpustakaan di Lampung. Hasilnya sangat memprihatinkan, baik di bidang tenaga, fasilitas maupun koleksinya.

Kemudian pada tahun 1996-1997 ia berinisiatif bekerjasama dengan Fajar Agung membentuk kursus pengelola perpustakaan. Hanya berjalan selama dua angkatan, yang masing-masing angkatan berjumlah 25-30 orang selama tiga bulan per angkatan. Ternyata banyak yang berminat untuk mempelajari perpustakaan. Melihat keadaan itu ditambah dengan keadaan perpustakaan di Lampung yang memprihatinkan. Suyoto berkeinginan membentuk sebuah lembaga pendidikan secara formal.

Alhasil, Suyoto menjadi pencetus pertama terbentuknya Jurusan Diploma Perpustakaan Dokumentasi dan Informasi (Pusdok Info) melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Usulan ini ditanggapi pihak fakultas maupun rektorat, dan akhirnya berdirilah Jurusan Pusdok Info. Awalnya hanya D2 kini berkembang menjadi D3.

Pada Tahun 1997, pria yang mempunyai motto menerima, bersyukur dan menikmati ini berhasil mendapat Juara Umum Pustakawan tingkat nasional dari 30 orang peserta. Beberapa kriteria yang dinilai antara lain, prestasi kerja, pengabdian masyarakat, karya tulis, dan presentasi.


Biodata

Pendidikan
- SD Negeri 1 Panjang Tahun 1970
- SMP/SMEP Kanisius Yogyakarta Tahun 1973
- SMEA Kanisius Yogyakarta Tahun 1976
- S1 Fakultas Hukum Unila Tahun 1978
- S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia Tahun 1993

Organisasi/Prestasi
- Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Pengurus Provinsi Lampung Tahun 2004-sekarang.
- Juara Umum Pustakawan Tingkat Nasional Tahun 1997
- Pencetus pendirian Jurusan Diploma Perpustakaan Dokumentasi dan Informasi (Pusdok Info).
- Salah satu pendiri UKM Kopma
- Salah satu tulisannya yang dimuat di media cetak “Seyogianya di Lampung berdiri Lembaga Pendidikan Ilmu Perpustakaan” dimuat di Lampung Post, Rabu 2 Agustus 1995

Sumber: TeknokraUnila.com, Sabtu, 7 Pebruari 2009

No comments:

Post a Comment