October 8, 2011

Lampung Barat Gelar Festival Teluk Stabas

Liwa, Lampung, 8/10 (ANTARA) - Kabupaten Lampung Barat akan menggelar Festival Teluk Stabas XIV yang berlangsung pada 24- 27 Oktober 2011.

"Ajang tahunan dan menjadi kegiatan budaya terbesar di Lampung Barat ini akan banyak menampilkan aktraksi budaya dan dikemas semenarik mungkin," kata Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Lampung Barat, Arif Nugroho, di Liwa, Sabtu.

Dia menjelaskan, persiapan kegiatan budaya tersebut telah mencapai 70 persen.

Menurut Arif, Festival Teluk Stabas akan melibatkan masyarakat yang berasal dari seluruh wilayah di daerah tersebut.

"Pelaksanaan ajang tahunan tersebut sebagai langkah pemerintah daerah dalam menggenjot jumlah kunjungan wisatawan asing di Lampung Barat, sekaligus memamerkan kekayaan budaya di daerah ini," kata dia.

Ia menyebutkan festival itu akan diminati wisatawan asing yang berkunjung di Lampung Barat.

Dia memperkirakan kegiatan budaya tersebut juga akan menyedot ribuan pengunjung yang berasal dari dalam negeri.

"Acara yang dikemas unik dan menarik ini akan mampu meningkatkan citra Lampung Barat sebagai daerah tujuan wisata nasional dan internasional. Selain itu, ajang tersebut mampu memperkenalkan kebudayaan asli kepada pendatang," kata dia lagi.

Festival Teluk Stabas XIV berlangsung mulai 24-27 Oktober, dan akan menampilkan aktraksi budaya yakni Hahiwang, Betetah, Nyambai, tari kreasi, pawai budaya dan jenis budaya lain.

Kegiatan tahunan tersebut selain menampilkan aktrasi budaya, juga memamerkan aneka jajanan khas masyarakat Lampung Barat.

Sebelumnya Bupati Lampung Barat, Mukhlis Basri, mengatakan kebudayaan Lampung Barat dapat menjadi pemikat untuk menarik investor.

"Lampung Barat sebagai daerah tujuan wisata memiliki sejuta pesona keindahan panorama alam dan budaya, sehingga dapat menjadi pesaing bagi daerah tujuan wisata lain di Indonesia," kata dia.

Sumber: Antara, Sabtu, 8 Oktober 2011

No comments:

Post a Comment