October 12, 2011

Transaksi TIME Ditarget 21 Juta Dolar

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Transaksi jual-beli paket wisata pada kegiatan Tourism Indonesia Mart and Expo (TIME) 2011, yang dibuka resmi malam ini, ditargetkan mencapai 21 juta dolar AS.

PERSIAPAN TIME. Sejumlah pekerja mendirikan stan untuk acara Tourism Indonesia Mart and Expo (TIME) di ball room Hotel Novotel, Bandar Lampung (11-10). Acara tersebut berlangsung hari ini (12-10) hingga 14 Oktober mendatang. (LAMPUNG POST/MG3)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung Gatot Hudi Utomo mengatakan di Bandar Lampung, Selasa (11-10), masyarakat pariwisata Indonesia menargetkan kenaikan jumlah transaksi sebesar 20% pada pelaksanaan TIME tahun ini.

Pada TIME tahun lalu di Lombok, total transaksi mencapai 17,5 juta dolar AS, tahun ini total transaksi ditargetkan menembus angka 21 juta dolar AS.

"Kami berharap penjualan paket wisata di Lampung bisa menjadi salah satu pendongkrak naiknya nilai transaksi pada TIME tahun ini. Ini kan tahun pertama Lampung menjadi peserta. Semoga paket wisata kita diminati buyers dari daerah lain, bahkan luar negeri," kata Gatot.

Rencananya, TIME 2011 digelar di Hotel Novotel, 12—14 Oktober 2011. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. dijadwalkan membuka kegiatan ini sekaligus membuka Festival Krakatau 2011.

Transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli paket wisata akan dilakukan dua hari, yakni pada 13—14 Oktober 2011. Keesokan harinya, peserta TIME dari 28 negara melakukan post tour atau kunjungan wisata dengan tiga pilihan lokasi, yaitu Teluk Kiluan di Tanggamus, Way Kambas di Lampung Timur, dan parade budaya Festival Krakatau ke-21 di Bandar Lampung, yang esok harinya dilanjutkan kunjungan ke Gunung Anak Krakatau.

"Semua persiapan telah selesai. Kami harapkan setelah dua event besar ini selesai, kunjungan wisata Lampung di tahun mendatang bisa lebih baik lagi," ujar Gatot.

TIME juga telah menjadi agenda tetap pasar wisata internasional, sama seperti kegiatan internasional lainnya, seperti ITB Berlin, WTM London, Arabian Travel Mart, maupun PATA Travel Mart.

Pada ajang ini, sembilan tour operator di Lampung akan mempromosikan berbagai paket wisata ke Gunung Anak Krakatau, Tanjug Setia, Teluk Kiluan, Way Kambas, Menara Siger, dan City Tour di Bandar Lampung. (LIN/K-1)

Sumber: Lampung Post, Rabu, 12 October 2011

No comments:

Post a Comment