October 10, 2011

Pariwisata Lampung: Keterlibatan Warga Gaungkan FK XXI

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Masyarakat Lampung diminta ikut meramaikan Festival Krakatau ke-21 tahun 2011 agar gaungnya bertambah luas.

Usai membuka kegiatan fun walk atau jalan santai di Mahan Agung, Minggu (9-10), Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said mengatakan keterlibatan masyarakat bisa memaksimalkan promosi wisata ke Lampung dan meningkatkan kunjungan wisata ke Lampung.

"Sekarang kan masyarakat umum boleh ikut jadi peserta. Parade budaya, fun walk, fun bike juga sudah melibatkan masyarakat," kata Wagub.

Menurut dia, Festival Krakatau tahun ini lebih spesial dibandingkan tahun sebelumnya karena waktunya bersamaan dengan pasar pariwisata nasional atau TIME (Tourism Indonesia Mart and Expo) yang digelar di Hotel Novotel, 12—14 Oktober mendatang.

Dengan banyaknya buyers atau pembeli paket wisata dari mancanegara pada acara itu, kata Wagub, semakin banyak pula tur operator internasional yang mengetahui ajang Festival Krakatau. "Jadi, ini momentum yang luar biasa bagi dunia pariwisata nasional," ujar Wagub.

Kemarin ratusan masyarakat Bandar Lampung berbaur dalam kegiatan jalan santai dan sepeda santai. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung Gatot Hudi Utomo, dua kegiatan itu merupakan tahap sosialisasi Festival Krakatau.

Sepeda santai dimulai dari PKOR Way Halim, kemudian melewati Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Pangeran Antasari, Jalan Gajahmada, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pangeran Diponegoro, kemudian finis di Mahan Agung. Sementara jalan santai dimulai di Mahan Agung, Jalan dr. Susilo, Jalan Juanda, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pangeran Diponegoro, dan finis kembali di Mahan Agung. Dari udara juga tampak atraksi paralayang yang pada bagian atasnya tertulis kegiatan Festival Krakatau XXI.

"Semoga setelah sosialisasi ini semakin banyak masyarakat yang tahu kemudian ikut menjadi peserta," kata Gatot.

Puncak Festival Krakatau XXI akan dilaksanakan pada Sabtu (15-10) dengan kegiatan parade budaya. Keesokan harinya seluruh peserta dan undangan akan mengikuti Tur Krakatau, yakni kunjungan ke Gunung Anak Krakatau. Sebanyak 20 duta besar negara sahabat dijadwalkan ikut pada kegiatan itu. (LIN/K-1)

Sumber: Lampung Post, Senin, 10 Oktober 2011

No comments:

Post a Comment