March 18, 2008

HUT Ke-44 Lampung: Semua Harus Bangga dengan Daerahnya

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-44 Provinsi Lampung hari ini (18-3) digelar di berbagai tempat. Tujuannya untuk menanamkan rasa bangga pada daerahnya.

Selain rapat paripurna di DPRD, malam ini Pemprov juga menggelar resepsi yang dipusatkan di Lapangan Samber Kota Metro. Selain itu, upacara bendera dan tabur bunga di Makam Pahlawan Tanjungkarang serta makam tokoh pendiri Lampung Zainal Abidin Pagaralam.

Berbagai kabupaten kota di Lampung juga menggelar rapat paripurna dan upacara bendara. Bukan itu saja, peringatan di kabupaten/kota se-Lampung juga diisi dengan berbagai kegiatan sosial dan hiburan.

Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. menyatakan resepsi peringatan HUT Lampung kali ini dipusatkan di Kota Metro agar masyarakat di daerah merasakan peringatan dan bangga sebagai orang Lampung. "Dengan demikian, tercipta rasa memiliki daerah. Semua harus menghargai dan bangga dengan daerahnya," kata Sjachroedin di Pemprov, kemarin.

Menurut Gubernur, rasa bangga harus terus dipupuk agar masyarakat mau berpartisipasi dalam setiap kebijakan pemerintahan daerah. "Kini, kemajuan sudah mulai terlihat baik di bidang infrastruktur, pelayanan maupun kemajuan bidang lain," ujar Gubernur.

Pro-Kontra

Sementara itu, peringatan HUT Lampung pada 18 Maret masih mengundang pro-kontra. Pasalnya, tidak ada patokan maupun aturan yang melegalkan hari jadi provinsi.

Selama ini, ada dua pendapat. Pertama, pihak yang menyatakan HUT dihitung dari keluarnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 3/1964 pada 13 Maret 1964. Kedua, saat pelantikan Pj. Gubernur Kusno Dhanupojo pada 18 Maret 1964. Selama ini, Pemprov mengakui HUT Lampung jatuh pada 18 Maret.

Pelaksana Harian (Plh.) Ketua Dewan Pimpinan Pusat Paguyuban Pagar Lampung (DPP-PPL) Oking G.M.A. Kartadilaga mengimbau Pemprov melaksanakan perayaan HUT Lampung mengacu surat Mendagri yang menyatakan 13 Maret. "Jika tidak ada acuan, peringatan HUT Lampung 18 Maret sangat tidak berdasar. Atau segera membuat perda tentang penetapan HUT Lampung dan segera disosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat," ujarnya didampingi Sekretaris Umum DPP PPL Alfian Ayubkhan di Bandar Lampung, kemarin. n AAN/U-1

Sumber: Lampung Post, Selasa, 18 Maret 2008

No comments:

Post a Comment