March 31, 2008

Seni Rupa: Lukisan Ampas Kopi Mengundang Kekaguman

Bandar Lampung, Kompas - Sebuah lukisan bermedia kanvas dan cat minyak adalah hal biasa. Namun, lukisan bermedia kanvas dan ampas kopi adalah hal baru sehingga mengundang kekaguman pengunjung.

Perupa Lampung, Sutanto, mengatraksikan bagaimana melukis dengan media ampas kopi pada kanvas saat pembukaan pameran lukisan bertajuk "me-Rupa-kan Ampas Kopi" di Galeri Taman Budaya Lampung, Bandar Lampung, Sabtu (29/3). (Kompas/Helena F Nababan)

Demikian yang terjadi pada pembukaan pameran lukisan bertajuk ”me-Rupa-kan Ampas Kopi” yang digelar di Galeri Taman Budaya Lampung, Sabtu (29/3). Sekitar 40 lukisan dari ampas kopi yang ditorehkan di atas kanvas dipamerkan dan tercatat menjadi pameran komunal pertama lukisan berbahan kopi di Indonesia. Pameran lukisan itu akan berlangsung lima hari hingga 2 April 2008.

Kekaguman pengunjung juga dirasakan mantan Ketua Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) Ratna Sarumpaet. Ratna yang hadir dalam pembukaan pameran mengatakan, ide melukis bermedia ampas kopi merupakan ide orisinal dan hal baru di Indonesia. Dari sisi media, ampas kopi adalah hal baru. Namun, dari sisi teknis melukis adalah hal lama.

”Ini sangat kreatif. Saya sangat salut dan semoga muncul media lain supaya karya lukis makin beragam,” ujar Ratna.

Lukisan yang dipamerkan mengingatkan pengunjung dengan teknik batik tulis kuno. Hal tersebut memberikan warna baru bagi dunia lukis Indonesia.

Kurator Lampung, Joko Irianto, mengatakan, keunikan gagasan karya lukis bermedia ampas kopi itu lahir dari obrolan para perupa Lampung pada awal 2008. Gagasan tersebut merupakan bentuk kegelisahan para perupa Lampung terhadap kontribusi produksi kopi Lampung terhadap produksi nasional. (hln)

Sumber: Kompas, Senin, 31 Maret 2008

1 comment:

  1. Anonymous9:32 AM

    ADA PROGRAM MENARIK UNTUK PARA PENCINTA GRATIS DAN SEDIKIT USAHA TAPI MAU DAPAT BANYAK....ADA DI http://masdukiwahid.blogspot.com

    ReplyDelete