March 5, 2008

Musikalisasi Puisi: Lampung Kirim Tiga Wakil

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Tiga SMA, yakni SMAN 1 Natar, Lampung Selatan, SMAN 11 Bandar Lampung, dan SMAN 14 Bandar Lampung akan mewakili Lampung dalam Festival Musikalisasi Puisi Se-Sumatera yang rencananya akan digelar di Lampung, 17--19 Mei mendatang.

Menurut Ramlan Andi, staf Kantor Bahasa Lampung, terpilihnya tiga sekolah tersebut setelah dilakukan penilaian terhadap lima sekolah dalam lomba yang digelar Kantor Bahasa, pada Sabtu (1-3). "Awalnya terdapat enam peserta, tetapi satu grup batal mengikuti perlombaan. Sedangkan dua sekolah lainnya yang tidak terpilih mewakili Lampung adalah SMAN 2 Bandar Lampung dan SMAN 1 Seputih Agung Mataram, Lampung Tengah," kata Ramlan, Senin (3-3).

Ia menjelaskan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Kantor Bahasa seluruh Indonesia. Tahun ini Lampung menjadi tuan rumah ajang tersebut. "Sampai saat ini daerah yang sudah memastikan untuk mendaftarkan diri adalah Aceh, Palembang, Jambi, Medan, dan Bengkulu. Sedangkan daerah lainnya belum melakukan konfirmasi," ujarnya.

Adapun peserta dalam kompetisi ini para pelajar yang sebelumnya mengikuti kegiatan bengkel sastra untuk materi musikalisasi puisi. "Jadi memang ini merupakan siswa-siswa yang direkrut Kantor Bahasa untuk mengikuti bengkel sastra," ujarnya.

Penilaian berdasarkan kriteria penafsiran puisi, komposisi musikalisasi, vokal, penampilan, serta keselarasan karya yang dihasilkan. Sedangkan puisi yang dibawakan Ia akan Mengecup karya Isbedy Stiawan Z.S. sebagai puisi wajib. Sedangkan puisi pilihan yakni Pesan Bumi (Munawar Syamsudin), Ke Mana Ombak akan Menepi (M. Udaya Syamsudin), Kepada Persada Cinta (Widyartha Hastjarja), dan Nyanyian Seekor Burung (Pepi Pepiyana). n TYO/S-2

Sumber: Lampung Post, Rabu, 5 Maret 2008

No comments:

Post a Comment