March 11, 2008

Sastra: Kantor Bahasa Gelar Lomba Penulisan Cerpen

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kantor Bahasa Provinsi Lampung menggelar sayembara penulisan cerpen remaja se-Provinsi Lampung yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Tahun Bahasa 2008. Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Agus Sri Danardana menjelaskan tema yang diusung peserta bebas, tetapi disesuaikan dengan dunia remaja, dan tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.

"Selain itu, cerpen harus asli dan bukan saduran atau terjemahan serta belum pernah dipublikasikan dan belum pernah diikutkan dalam sayembara apa pun," kata Danardana, akhir pekan lalu.

Adapun peserta yang boleh mengikuti sayembara ini, yaitu remaja yang berusia 14--18 tahun. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah cerpen dan maksimal tiga cerpen. Persyaratan lain, cerpen diketik dengan komputer sepanjang 7--12 halaman, dan menggunakan huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, spasi 2, dan ukuran kertas kuarto.

Naskah yang dikirim, kata Danardana, harus disertai dengan lembar data pribadi. "Pengumpulan naskah dimulai 5 Maret--23 Mei. Naskah dibuat empat rangkap dan dikirim ke alamat Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Komplek Gubernuran Jalan Beringin II No. 40 Telukbetung, Bandar Lampung. Pengumuman pemenang pada 17 Juni di Harian Umum Lampung Post. Penilaian dan penentuan pemenang akan dilakukan tim juri yang terdiri atas pakar sastra dan sastrawan. Penilaian dilakukan atas isi, gagasan, daya imajinasi, tema, penokohan, teknik penulisan, dan gaya bahasa. Keputusan tim juri tidak dapat diganggu gugat.

Sayembara ini memperebutkan hadiah I Rp1 juta, hadiah II Rp750 ribu, hadiah III Rp500 ribu, dan harapan Rp300 ribu, dan setiap uang hadiah dipotong pajak. Di samping itu, setiap pemenang akan memperoleh piagam penghargaan. "Naskah pemenang juga akan diikutkan pada sayembara penulisan cerpen remaja tingkat nasional yang diadakan oleh Pusat Bahasa. Naskah cerpen yang masuk ke panitia menjadi milik panitia dan Kantor Bahasa Provinsi Lampung berhak menerbitkan dan menggandakan naskah yang terpilih," tambah Danar. n TYO/S-2

Sumber: Lampung Post, Senin, 10 Maret 2008

2 comments:

  1. Anonymous3:35 AM

    yach...mZ cm bwt ank 13-18th zi pk_bu...? sKalian 13-20th za...Khan jd Genep..ck..ck

    ReplyDelete
  2. Anonymous3:36 AM

    Mhasiswa leh Ikutan dunk..z...z..???

    ReplyDelete