May 16, 2011

PSRN 2011: Lampung Tampilkan Kegamangan Dunia

BANDAR LAMPUNG (Lampost/Ant): Pelukis Lampung asal Tanggamus, Nurbaito, menampilkan lukisan bertemakan kegamangan dunia dalam Pameran Seni Rupa Nasional (PSRN) 2011 yang saat ini berlangsung di Galeri Seni Nasional, Jakarta.

"Lukisan tersebut saya beri judul Imaji Ornamen Terapan yang menggambarkan keadaan dunia yang gamang, tentang modernitas yang belum tercapai namun sudah melangkah meninggalkan tradisi dan budaya," kata dia pekan lalu.

Lukisan berukuran 140 x 195 cm dengan media minyak di atas kanvas itu digarap Nurbaito pada 2010. Dalam karya lukisnya, Nurbaito melukis objek berupa traktor yang biasanya untuk membajak sawah justru tertatih menarik delman dengan ekspresi sang kusir yang gamang dalam mengendalikan laju delman.

Ia mengangkat konsep tersebut karena melihat bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan geografis sangat luas, dengan ribuan pulau terbentang dari Sabang sampai Merauke, serta kaya akan aneka corak seni budaya sejak zaman prasejarah.

"Kebenaran itu dapat kita lihat pada sekujur tubuh bangunan candi Hindu dan Buddha yang bertebar di seluruh Indonesia yang di dalamnya banyak terdapat arca, relief, dan guratan-guratan ornamen yang sangat detail dengan daya pukau dan mengagumkan," ujarnya.

Nurbaito menambahkan seiring bergulirnya waktu, seni arca berkembang menjadi seni patung monumental dan seni ornamen pun turut berkembang pula menjadi seni ornamen terapan atau seni pakai. "Hal itu dapat ditengarai, misalnya, pada seni batik, seni ukir pada perabotan rumah tangga, bahkan termodifikasi untuk konstruksi alat transportasi klasik sebagai contoh dokar," kata Nurbaito.

Perupa kelahiran Gisting, Kabupaten Tanggamus, pada 10 Mei 1961 itu mengaku mengirim dua karya lukisan dalam event dua tahunan itu, tetapi hanya satu yang lolos. "Ini karya ketiga saya yang lolos seleksi, yang sebelumnya pada 2007 dan 2009."

Nurbaito merupakan satu-satunya perupa yang dipastikan bakal mewakili Lampung dalam Pameran Seni Rupa Nusantara 2011 hingga 29 Mei 2011 mendatang. Ia menampilkan karyanya bersama 153 perupa dan berasal dari 24 provinsi di Indonesia yang lolos seleksi dan perupa undangan Pameran Seni Rupa Nusantara 2011

Para perupa yang menampilkan karyanya itu merupakan hasil undangan tim kurator Galeri Nasional Indonesia dan hasil seleksi dari sekitar 550-an proposal aplikasi yang masuk ke panitia. (K-1)

Sumber: Lampung Post, Senin, 16 Mei 2011

No comments:

Post a Comment