May 12, 2011

Seni Rupa: Nurbaito Wakili Lampung pada PSRN

TANGGAMUS (Lampost): Nurbaito mewakili Lampung pada Pameran Seni Rupa Nusantara (PSRN) 2011. Nurbaito asal Tanggamus merupakan satu-satunya perupa yang dipastikan bakal mewakili Lampung dalam ajang pameran seni rupa dua tahunan itu.

Pameran akan dibuka Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik. Pameran itu akan menampilkan karya seni rupa berupa lukisan, patung, seni cetak, fotografi, video art, objek, instalation art karya seniman terpilih dari seluruh Indonesia.

Nurbaito akan menaja karyanya bertajuk Imaji Ornamen Terapan bersama 153 perupa yang lolos seleksi dan perupa undangan Pameran Seni Rupa Nusantara 2011 ini. Pameran akan digelar di Galeri Nasional, Jakarta, mulai 10—29 Mei 2011.

Para perupa yang akan menampilkan karyanya ini merupakan hasil undangan tim kurator Galeri Nasional Indonesia dan hasil seleksi dari sekitar 550-an proposal yang aplikasi masuk ke panitia.

"Mereka yang yang telah tersaring sebagai seniman peserta pameran itu berasal dari 24 provinsi di Indonesia," ujar kurator pameran, Kuss Indarto.

Menurut Kuss, jalur seleksi yang dilakukan panitia karena adanya aspek keruangan Galeri Nasional Indonesia. Selain itu, lanjut pengelola situs Indonesia Art News ini, penyeleksian juga merupakan upaya untuk memberi ruang pencapaian estetik.

Pameran mengusung tajuk Imaji Ornamen ini juga harus mengusung misi dan visi GNI, antara lain memberi dukungan dan kesempatan bagi perupa dari berbagai kawasan di Indonesia untuk berpameran. "Tetapi, pola seleksi tetap mempertimbangkan aspek representasi atas kuantitas provinsi di Indonesia," kata Kuss. (ZUL/D-3)

Sumber: Lampung Post, Kamis, 12 Mei 2011

No comments:

Post a Comment