November 25, 2011

Bandara Seray Beroperasi Mulai 2012

LIWA -- Bandara Seray di Desa Seray, Kecamatan Pesisir Tengah, Lampung Barat, akan mulai dioperasikan awal 2012 setelah perusahaan penerbangan Susi Air menyatakan siap untuk terbang ke Seray.

"Perusahaan penerbagan Susi Air sudah menyatakan akan melakukan penerbangan dengan rute Jakarta-Krui dan Krui-Jakarta mulai 2012," kata Bupati Lampung Barat, Mukhlis Basri di Liwa, Jumat.

Dia menjelaskan, pemerintah daerah telah melakukan pembicaraan khusus dengan pihak perusahaan penerbangan terkait rencana pengoprasian Bandara Seray tersebut.

Bupati mengemukakan bahwa dengan berfungsinya bandara tersebut akan meningkatkan pembangunan ekonomi terutama di sektor perikanan dan pariwisata.

"Saya sangat optimistis bila bandara tersebut berfungsi, laju pertumbuhan ekonomi masyarakat akan naik, dan yang paling menonjol yakni sektor pariwisata di kawasan pesisir semakin terangkat, dan mampu mendatangkan wisatawan asing maupun domestik," kata dia lagi.

Menurut dia, melalui Bandara Seray, hasil bumi dan produk unggulan Lampung Barat akan bisa masuk pasar nasional maupun internasional.

Bupati mengakui, masih banyak kekurangan sarana dan fasilitas di bandara itu, namun pemerintah daerah terus melakukan pembenahan hingga bandara tersebut maksimal.

"Pemkab juga akan mengganggarkan dana subsidi biaya transpotasi agar tarif penerbangan dapat dijangkau oleh masyarakat," kata dia lagi.

Bupati optimistis, Bandara Seray dapat menjadi jembatan pembangunan bagi Lampung Barat untuk mengejar ketertinggalan.

"Saya berharap seluruh masyarakat mendukung rencana pemerintah daerah untuk mengaktifkan Bandara Seray untuk kesejahteraan bersama," ujarnya.

Dana pembangunan Bandara Seray bersumber dari APBD dan APBN yang dimulai pada 2004.

Luas lahan Bandara Seray mencapai 50 hektare, dan pengembangannya diawali dengan pembebasan lahan dilanjutkan dengan pembuatan studi kelayakan pada tahun 2004 dan 2005.

Pembangunan tersebut telah menghabiskan dana Rp150 miliar lebih.

Sumber: Antara, Jumat, 25 November 2011

No comments:

Post a Comment