November 12, 2011

Sarasehan Pahlawan: Masyarakat Perlu Kenal Pahlawan Daerah

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Budayawan, birokrat, dan jurnalis menggagas rencana sarasehan tokoh dan pahlawan Lampung di kantor redaksi Lampung Post, Jumat (11-11). Sarasehan yang digelar dalam waktu dekat ini bertujuan mengenalkan tokoh dan pahlawan dari daerah Lampung kepada generasi muda dan masyarakat di Bumi Ruwa Jurai.

Pertemuan di kantor redaksi Lampost itu dihadiri Anshori Djausal dari Pemprov Lampung, Richard Syarnubi dari Dinas Pendidikan, Mawarni dari Dinas Sosial, Samsudin B. dari Biro Tata Pemerintahan, Syafarudin dari akademisi Unila, Oyos Suroso dan Wakil Pemimpin Umum Lampung Post Djadjat Sudradjat dari kalangan jurnalis.

Tujuan lain sarasehan yang akan digelar di Taman Bumi Kedaton itu untuk memaknai pentingnya para tokoh dan pahlawan dari daerah Lampung. Sekaligus mencarinya dan memberi penghormatan serta penghargaan terhadap pahlawan daerah.

Adapun yang melatarbelakangi kegiatan sarasehan itu, melihat kondisi sekarang, terutama di kalangan anak muda yang banyak sekali sosok yang dipahlawankan. Sebenarnya itu bukanlah pahlawan dalam arti sebenarnya: berjuang di medan peperangan.

Di kalangan anak-anak, muncul tokoh Superman, Power Rangers, dan lainnya sebagai pahlawan. Di kalangan muda, muncul nama grup band dan lainnya. “Ini karena mereka tak mengetahui batasan antara tokoh dan kepahlawanan,” kata Ansori Djausal.

Dalam sarasehan ini juga nantinya dibuat kriteria untuk mencari tokoh dan pahlawan Lampung. “Rencananya kita juga menerbitkan keterangan dan buku tentang tokoh dan pahlawan untuk generasi muda.” (SAG/K-1)

Sumber: Lampung Post, Sabtu, 12 November 2011

No comments:

Post a Comment