July 27, 2009

15 Dubes Ikuti Festival Krakatau

BAKAUHENI (Lampost): Meski siaga satu terhadap ancaman teror bom, 15 duta besar mengikuti pelaksanaan Festival Krakatau (FK) XIX Provinsi Lampung, kemarin (26-7).

SAKSIKAN PEMOTONGAN TUMPENG. Para duta besar dari beberapa negara sahabat menyaksikan Sekprov Lampung Irham Jafar Lan Putra memotong tumpeng dalam rangkaian kegiatan Festival Krakatau (FK) XIX sekaligus memperingati HUT ke-1 Tugu Menara Siger di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu (26-7). (LAMPUNG POST/AAN KRIDO LAKSONO)

Sekprov Lampung Irham Jafar Lan Putra mengatakan peringatan hari jadi pertama tugu Menara Siger yang dikemas dalam rangkaian kegiatan Festival Krakatau XIX diharapkan dapat memperkenalkan tugu Menara Siger kepada wisatawan mancanegara maupun domestik.

Ia mengatakan tugu Menara Siger yang berada di atas bukit tersebut sangat tepat dijadikan objek wisata terkemuka mengingat ikon Lampung itu berada di pintu gerbang Pulau Sumatera. "Untuk itu, patut kita syukuri," kata Jafar pada peringatan hari jadi pertama tugu Menara Siger sekaligus pelaksanaan FK XIX di Pelabuhan Bakauheni, Lamsel, Minggu (26-7).

Sekprov menambahkan kunjungan ke Menara Siger dan tur Krakatau ke Gunung Anak Krakatau ini bertujuan mempromosikan objek wisata pada program Lampung Visit Year 2009. Dia berharap adanya pencapaian target wisatawan berkunjung ke Lampung sebanyak dua juta wisatawan domestik dan asing.

Selain Menara Siger dan kemasyhuran Gunung Anak Krakatau, Lampung juga mempunyai objek wisata di kabupaten kabupaten lain yang tidak kalah menarik. Sebelum mengunjungi Menari Siger, para dubes telah menikmati keelokan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Pemkab Lamsel Erlan Murdiantono mengatakan rombongan tur FK ke Kabupaten Lamsel yang diikuti 15 dubes tersebut disuguhi berbagai kesenian daerah, musik band, dan para layang saat mengunjungi Menara Siger.

Menurut Erlan, untuk mempromosikan objek wisata yang mendunia di wilayah Lamsel, para duta besar dan tamu undangan juga diajak ke Gunung Anak Krakatau dengan menumpang kapal feri. "Ini jelas perjalanan yang sangat menarik bagi para wisatawan," ujarnya.

Dia menambakan untuk menyukseskan Visit Lampung Year 2009, Kabupaten Lamsel juga mengunggulkan Kalianda Resort dan objek wisata di sepanjang Kecamatan Rajabasa, Pulau Sebesi, dan Way Belerang.

Dia menargetkan sebanyak 400 ribu ribu wisatawan domestik dan 4.000 orang di antaranya wisman.

Dia berharap target tersebut bisa tercapai mengingat pada tahun sebelumnya target kunjungan 300 ribu wisatawan bisa terlampaui.

Para dubes antara lain Amerika Serikat, Jerman, Lebanon itu didampingi Sekprov Irham Jafar Lan Putra, Kapolda Lampung Brigjen Pol. Ferial Manaf, dan Komandan Korem 043 Garuda Hitam Kolonel Infanteri Nugroho Widyotomo. Sedangkan dari Lamsel, Sekkab Rusdi Maliki, Kapolres AKBP UMar Dani, dan Dandim Letkol (Inf.) Syarifudin. n AL/D-2

Sumber: Lampung Post, Senin, 27 Juli 2009

No comments:

Post a Comment