July 29, 2009

Pariwisata: Lampung-Banten Bisa Kelola Festival Krakatau

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengatakan Banten dan Lampung harus duduk bersama mengusung Krakatau sebagai objek daya tarik wisata. Gunung berapi yang melegenda itu, menurut Ratu Atut, bisa menjadi primadona dan daerah tujuan wisata kelas dunia jika kedua provinsi tersebut bersama mengerahkan kekuatan untuk menarik wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Pengelolaan objek wisata Krakatau dapat dilakukan melalui kemitraan di forum Mitra Praja Utama yang beranggotakan antara lain Lampung dan Banten. Kedua provinsi diharapkan dapat membantu kemitraan utnuk mengangkat potensi ini secara terpadu dan terarah," kata Atut kepada Lampung Post, Selasa (28-7). Pernyataan itu disampaikan terkait dengan penutupan Festival Krakatau yang berlangsung hari ini (29-7) dan akan dihadiri Ratu Atut.

Kedua provinsi, menurut Atut, juga bisa menggelar wisata dengan kapal ro-ro untuk melihat dari dekat Gunung Anak Krakatau. Untuk itu, Lampung dan Banten menyiapkan akses dan akomodasi di masing-masing wilayah bagi wisatawan untuk berkunjung ke Gunung Anak Krakatau.

"Lampung dan Banten juga mesti berupaya secara gencar mempromosikan objek wisata Gunung Anak Krakatau dalam berbagai kesempatan promosi oleh instansi terkait masing-masing. Tujuannya tentu saja sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung dan Banten terutama sekitar kawasan gunung melalui industri pariwisata," kata Atut. n MIN/K-3

Sumber: Lampung Post, Rabu, 29 Juli 2009

No comments:

Post a Comment