July 22, 2009

Pascabom Jakarta: Festival Krakatau Tetap Berlangsung

Bandar Lampung, Kompas - Pemprov Lampung tetap akan menyelenggarakan Festival Krakatau ke-19 di tengah kekhawatiran menurunnya kepercayaan terhadap keamanan Indonesia. Sebanyak 15 duta besar negara sahabat dipastikan akan menghadiri festival yang dibuat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Erwin Nizar, Selasa (21/7), seusai rapat koordinasi penyelenggaraan Festival Krakatau ke-19 mengatakan, seluruh pelaku industri pariwisata di Lampung tetap harus optimistis. Pariwisata harus terus berjalan.

Salah satunya melalui Festival Krakatau. Festival tersebut diselenggarakan salah satunya sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia, khususnya Lampung.

Sebanyak 15 duta besar negara sahabat dipastikan akan menghadiri acara pembukaan dan mengikuti rangkaian festival tersebut. Ke-15 duta besar tersebut adalah duta besar dari Amerika Serikat, Jerman, Romania, Portugal, Filipina, Turki, Hongaria, Polandia, Singapura, Yunani, Slowakia, Lebanon, Bosnia Herzegovina, Suriname, dan Palestina.

Meskipun demikian, ujar Erwin, penyelenggara bukannya tidak belajar dari pengalaman bom Jakarta, Jumat (17/7) lalu. Untuk itu, penyelenggara bekerja sama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Lampung.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi Polda Lampung Ajun Komisaris Besar Zulhami mengatakan, sebanyak 600 personel gabungan Polda Lampung dan Polres Lampung Selatan akan menjaga festival tersebut. ”Kita tetap harus menunjukkan Indonesia aman sehingga kegiatan pariwisata tetap berjalan,” ujar Zulhami.

Lebih lanjut Erwin mengatakan, sebagai upaya mempromosikan obyek wisata Lampung kepada para duta besar dan wisatawan mancanegara, penyelenggara Festival Krakatau merencanakan mengajak sebagian duta besar mengunjungi kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Sebelum menuju kawasan TNBBS, panitia penyelenggara akan membawa para duta besar ke Pulau Bule di kawasan Lampung Selatan.

Erwin mengatakan, festival tersebut akan berlangsung selama empat hari, mulai dari 25 Juli 2009 hingga 29 Juli 2009. Pembukaan akan dilangsungkan pada 25 Juli 2009 di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Way Halim. (hln)

Sumber: Kompas, Rabu, 22 Juli 2009

No comments:

Post a Comment