July 15, 2009

Udo Karzi di Selingkuh Kata #3

AGENDA budaya bulan yang dihelat LE, kali ini akan menghadirkan penyair Udo karzi dan pagelaran seni musik etnik Lampung Cetik (gamolan pheking) yang dikolaborasi dengan musik modern pimpinan Entus Alrahfi.

Kegiatan bertajuk "Selingkuh Kata #3" tersebut diadakan di rumah dinas Walikota Bandar Lampung, Rabu (15/7) mulai pukul 19.30 WIB. Sejumlah seniman papan atas Lampung di antaranya Isbedy Stiawan ZS, Oyos Saroso HN, Syaiful Irba Tanpaka, Iswadi Pratama dan lainnya, dipastikan akan hadir.

"Saya berharap para seniman dan masyarakat yang cinta seni bisa mengapresiasi gelaran ini," ujar Pemimpin Perusahaan LE Adolf Ayatullah, Selasa (14/7).

Setelah Selingkuh Kata #I dan #II digelar di aula LE, kali ini sengaja diadakan di rumah dinas walikota. Udo Karzi akan membacakan puisi-puisinya yang terhimpun dalam antologi Mak Dawah Mak Dibingi.

Menurut Dolof, begitu Adolf Ayatullah akrab disapa, hal itu bisa dijadikan sebagai tonggak awal agar kegiatan-kegiatan seni tidak selalu alergi berdekatan dengan penguasa tanpa harus merugikan salah satu pihak.

"Sudah saatnya seniman membuka diri masuk ke ranah yang lebih luas untuk syiar nilai-nilai karyanya. Jadi tidak hanya dinikmati pada komunitas seniman semata," ujar Dolof.

Sementara Y Wibowo, komandan gelaran, berharap apa yang telah dilakukan LE dapat diikuti perusahaan lainnya. Dengan demikian para seniman memiliki ruang berekspresi yang lebih berwarna.

"Sekali waktu, boleh juga seniman diajak pentas di tempat hiburan malam seperti diskotek. Saya perlu menyampaikan hal ini karena mungkin saja banyak pengusaha yang sebenarnya ingin mengajak seniman tapi terlanjur takut dengan image kalau seniman itu eksklusif. Padahal seniman, mestinya, bisa tampil di mana saja, termasuk di kompleks pelacuran maupun istana negara,"ujar Wibowo. (LE-yonbayu)

Sumber: Lampung Ekspres, Rabu, 15 Juli 2009

No comments:

Post a Comment