July 23, 2009

Kesenian: Lambar Rebut Juara Tari Nasional

LIWA (Lampost/Ant): Tari Keni Kegurau yang ditampilkan Lampung Barat pada Festival Candi Borobudur di Yogyakarta belum lama ini meraih juara pertama untuk kategori tari kreasi.

"Alhamdulilah, Lampung Barat kembali memperoleh juara pertama dalam lomba tari tingkat nasional di Yogyakarta beberapa hari lalu," kata Kepala Dinas Pendidikan Lambar, Nukman M.S., di Liwa, Rabu (22-7).

Tari kreasi yang disuguhkan menceritakan tentang sejarah terbentuknya Muli Batin. "Tari itu hasil kreasi Sanggar Seni Bulan Bakha di bawah naungan Dinas Pendidikan Lambar. "Kami akan terus memberikan perhatian dan pembinaan berupa pemberian bantuan fasilitas, serta menampilkan siswa yang berbakat di bidang tari ke tingkat nasional," kata dia.

Dia mengatakan dari berbagai prestasi yang didapatkan tidak terlepas dari dukungan Pemkab Lambar. Sebelumnya Lampung Barat juga mendapatkan juara I dalam ajang yang sama mewakili Provinsi Lampung di tingkat nasional. Lambar kembali meraih prestasi yang sama di tingkat nasional yang memperebutkan penghargaan dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.

Persiapan yang dilakukan guna mengikuti festival itu cukup lama. Hampir satu bulan para penari yang diambil dari tiga sekolah, yakni SMAN 1 Liwa, SMAN 1 Krui dan SMAN 1 Way Tenong, dilatih intensif.

"Saya cukup simpatik sekali terhadap para siswa yang dikirim bersemangat untuk ikut ajang ini, ternyata dari perjuangan siswa dan pembinaan dilakukan memberikan hasil yang memuaskan yang dapat membanggakan Lampung Barat di tingkat nasional," kata dia.

Dia menambahkan Dinas Pendidikan akan tetap membina siswa yang berprestasi dengan memberikan beasiswa pendidikan. "Beasiswa yang diadakan tentu akan merangsang siswa lebih mengembangkan potensi diri," kata dia.

Sementara para siswa yang menjadi penari tari Keni Begurai itu menyatakan kebanggaannya bisa mewakili daerah ke festival tingkat nasional serta meraih juara pertama.

"Meski meraih juara pertama, kami akan tetap belajar terus untuk meraih prestasi," kata Wahyuni, siswi SMAN 1 Krui, yang menjadi salah satu personel tari Keni Begurau itu. ANT/U-1

Sumber: Lampung Post, Kamis, 23 Juli 2009

No comments:

Post a Comment