September 16, 2009

[Liburan Lebaran] Ada Bonbin Mini di Bumi Kedaton

INGIN melihat aneka satwa, singgah saja ke Taman Wisata Bumi Kedaton (TWBK). Di bonbin (kebon binatang) mini itu kita bisa bercanda dengan aneka satwa di alam terbukan. Lokasi bonbin ini masih di kawasan Batu Putu, Bandar Lampung.

Akses transportasi ke TWBK sangat mudah. Jaraknya relatif dekat dari pusat kota, hanya sekitar 30 menit berkendara. Selama perjalanan menuju objek wisata itu mata kita disuguhi panorama alam pegunungan dan lembah yang hijau. Udaranya masih sejuk mengingat kawasan ini terletak di ketinggian 700--900 meter dari permukaan laut.

Menuju TWBK kita dipandu oleh banyak papan penunjuk arah di pinggir jalan. Mulai dari Jalan Pangeran Emir M. Noor, tidak jauh dari kantor PDAM Way Rilau, papan informasi sudah terpampang di tepi jalan.

Sejak memasuki wilayah Sukarame II, Telukbetung Barat, suasana hutan sudah terasa dan menghiasi kiri-kanan jalan. Lokasi bonbin berada di lembah, tapi kita mesti melalui jalanan menanjak. Dari beberapa sudut jalan mendaki dan berkelok-kelok, kita bisa menikmati sebagian wajah Kota Bandar Lampung. Keindahannya akan lebih eksotis pada malam hari.

Di jalan-jalan menuju TWBK juga kita banyak menjumpai pedagang buah, khususnya durian dan pepaya. Jika sedang musim durian, warga menikmati nikmatnya durian segar yang baru jatuh dari pohon.

TWBK kini menjadi salah satu lokasi wisata alternatif di Bandar Lampung. Memasuki pintu gerbang, kita cukup membayar tiket Rp8.000 per orang. Nah, di areal itu, selain menikmati koleksi satwa hidup, pengunjung juga menyaksikan atraksi gajah, tracking menunggang gajah, atau melihat atraksi manusia pemakan. Tentu saja ada biaya tambahan untuk setiap pertunjukan atau atraksi.

Ada sejumlah hewan di taman ini, sehingga TWBK mirip bonbin mini. TWBK antara lain mengoleksi harimau sumatera, gajah sumatera, buaya, siamang, beruk, kera ekor panjang, kijang, ayam hutan, elang, biawak dan berbagai jenis ayam dari China, Arab, dan Australia yang menjadi penghuni tetap.

Dimulai dari kandang unggas, ada deretan kandang berisi aneka unggas. Yang menarik adalah ayam jambul. Bentuknya lucu dan unik. Turun sedikit ke bawah kita disambut kandang harimau yang lucu-lucu galak. Lebih ke bawah lagi ada kandang buaya. Di situ kita bisa melihat delapan buaya bertubuh jumbo sedang berjemur dengan mulut menganga.

Bumi Kedaton juga dilengkapi lahan perkemahan. Letaknya di sebelah utara pada sisi sungai yang mengalir dari lereng Gunung Betung. Tersedia fasilitas rekreasi keluarga, rumah khas Lampung bertiang, bungalo dengan panorama lembah dan perbukitan yang cocok untuk rileks, outbound, trek joging, dan wisata kano di sungai berair jernih dan bersih. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga. n SAG/L-1

Sumber: Lampung Post, Rabu, 16 September 2009

No comments:

Post a Comment