September 16, 2009

[Liburan Lebaran] Pengantar: Asyiknya Piknik di Lampung

LIBURAN saat Lebaran pasti menyenangkan. Tentu saja bukan hanya bagi mereka yang merayakan Idulfitri. Sebab, hari libur pada Lebaran kali ini cukup panjang. Apalagi ada libur serentak alias cuti bersama.

Bagi kaum muslim, ada ritual mudik pada setiap libur Lebaran. Mudik sambil berlibur ke kampung halaman; ada yang mudik ke Jawa, Sumatera, dan daerah-daerah lainnya di Tanah Air.

Lain halnya mereka yang tidak merayakan Lebaran. Bagi yang berkantong tebal, biasanya memilih liburan ke berbagai kota tujuan wisata di Indonesia maupun mancanegara. Maka, tak heran jika paket-paket liburan sejak jauh hari sudah ditawarkan biro-biro perjalanan.

Bagaimana dengan Lampung? Ya, provinsi di ujung selatan Sumatera ini belakangan menjadi salah satu daerah tujuan liburan yang menarik bagi pelancong, termasuk para "pemudik" Lebaran. Betapa tidak, hampir separo dari angkatan kerja muda Lampung yang bekerja di Pulau Jawa--umumnya di Jakarta dan sekitarnya--akan menikmati silaturahmi dengan sanak saudara plus liburan di Bumi Ruwa Jurai.

Adalah salah kaprah jika ada persepsi selama ini bahwa liburan di Lampung "tak ada apa-apanya". Persepsi demikian tidaklah benar. Sebab, sejatinya Lampung sangat patut menjadi daerah tujuan piknik, selain Bali, Bandung, dan Yogya. Saat ini, ada beragam potensi wisata tersedia di Lampung, mulai dari wisata alam, wisata pantai, maupun wisata air modern. Lokasi-lokasi itu dilengkapi dengan fasilitas liburan seperti penginapan dan hotel, rumah makan dan restoran (wisata kuliner), pusat perbelanjaan, hingga pusat oleh-oleh khas Lampung. Kalau meminjam istilah Cici Tegal, wisata di Lampung "pokoke komplit."

Wisata pantainya boleh diadu dengan pantai-pantai di Bali, bahkan lebih elok dan banyak pilihan.

Bagi yang doyan berselancar, Tanjung Setia (Lampung Barat) amat cocok untuk menguji adrenalin. Apalagi kalau piknik ke pulau-pulau yang ada di perairan Lampung dan melakukan diving atau snorkling, hmmm...tak kalah dengan Bunaken (Manado). Hal ini tentu bukan sekadar promosi, atau isapan jempol, melainkan terlontar dari para pelancong yang sudah pernah merasakannya.

Wisata kuliner juga terus berbenah. Bagi yang gemar makan, kudapan khas Lampung bakal sulit terlupakan. Mulai dari menu modern yang melayani 24 jam, cemilan khas, sampai makanan klasik yang mencubit lidah.

Akomodasi pun lengkap, dari hotel berbintang, hotel melati, cottage, resort, sampai rumah penginapan, tersedia dengan tarif terjangkau. Kita tinggal sesuaikan dengan isi kocek.

Liburan ke Lampung akan terasa hambar tanpa buah tangan. Aneka makanan khas, mulai dari keripik pisang aneka rasa, kopi, sambal Lampung, keripik kentang udang, kemplang, dan pempek adalah oleh-oleh khas daerah ini. Handycraft seperti tapis, sulam usus, dan suvenir lainnya juga siap dijinjing pelancong saat kembali ke daeranya. So, liburan di Lampung memang asyik. SRI AGUSTINA/E-

Sumber: Lampung Post, Rabu, 16 September 2009

No comments:

Post a Comment