September 16, 2009

[Liburan Lebaran] Bersafari Sambil Rekreasi

MENIKMATI pesona alam sambil mendapat pengetahuan soal konservasi satwa dari sang pakar sangatlah menyenangkan. Tubuh dan pikiran bisa relaksasi dan menyatu dengan alam, di sisi lain kita beroleh tambahan ilmu. Dua-duanya bisa didapat di Taman Safari Indonesia (TSI) yang berolaksi di Cisarua, Bogor, TSI 2 Prigen, Jawa Timur, dan TSI 3 Bali.

Ya, Taman Safari Indonesia adalah tujuan wisata ketika musim liburan tiba, baik bagi wisatawan domestik mapun asing. Turis-turis asing mulai berdatangan untuk melihak spektakulernya aneka ragam satwa di TSI. Taman ini merupakan pusat reservasi hewan liar yang dipadukan dengan wisata.

Seperti lazimnya Taman Safari, pengunjung memasuki wilayah reservasi dengan mengendarai mobil pribadi ataupun sarana bus yang disediakan. Dari atas kendaraan itulah kita menikmati perilaku satwa liar yang bebas berkeliaran di alam terbuka.

Sambil menghirup sejuknya udara perbukitan Cisarua yang bersebelahan dengan Gunung Gede Pangrango, pengunjung bisa menyatu dengan alam. Bisa tidur di tenda-tenda di areal Rumah Dua, sehingga boleh bercengkerama dengan satwa--tentu saja didampingi petugas TSI.

Anda juga bisa menikmati permainan outbound yang ada di Rumah Dua. Atau, mencoba tracking sepanjang tujuh kilometer dengan menuruni lembah, mendaki bukit, melintasi sungai, sambil mendengar celoteh burung dan teriakan siamang.

Ke TSI tidak mesti membawa kendaraan pribadi. Sebab, pengelola kawasan wisata itu menyediakan bus yang membawa Anda mengunjungi "rumah-rumah" satwa yang hidup di sana. Ada reptil, harimau, singa, beruang, kijang, zebra, kera dan monyet, unggas, kuda nil, dan satwa liar lainnya.

Selain bus, boleh juga mencoba mobil bak terbuka. Kendaraan ini lebih disenangi karena pengunjung bisa lebih dekat berinteraksi dengan satwa.

Tapi, memakai mobil bak terbuka perlu nyali tinggi karena sewaktu-waktu Anda bisa disambangi satwa buas. Di TSI juga ada hewan berperilaku unik, Lama namanya. Onta kecil ini sangat menyenangkan, walau kadang membuat jengkel karena tabiatnya yang suka meludah.

Ke TSI cuma melihat satwa? Tentu saja tidak, di TSI Bogor banyak juga arena permainan yang ditawarkan pada pelancong. Saking banyaknya, seharian barangkali tidak cukup untuk mencoba semua jenis permainan.

Sebut saja kereta luncur yang melintasi aliran air, kereta gantung, jungkat-jungkit, roller coaster yang menegangkan, komidi putar, kereta wisata, kolam luncur, dan masih banyak lagi.

Berkunjung ke TSI rasanya belum cukup waktu sehari untuk menjelajahi areal yang sangat luas ini. Tapi, tak perlu khawatir jika kemalaman atau kepengin melanjutkan petualangan esok hari. Anda bisa menginap di cottage-cottage di kawasan TSI. Ada berupa rumah, karavan, atau kereta mobil. Namun, jika berniat liburan di TSI, sebaiknya Anda membawa jaket atau sweater. Udaranya yang sejuk pada siang hari akan semakin dingin bila malam tiba. n SAG/E-1

Sumber: Lampung Post, Rabu, 16 September 2009

No comments:

Post a Comment