September 16, 2009

[Liburan Lebaran] Mudah Dijangkau, Harga Terjangkau

LIBURAN ke Lampung bisa ditempuh lewat darat, laut, dan udara. Jika melalui udara, dari Bandara Soekarno-Hatta pelancong langsung ke Bandara Radin Inten II, Branti, dengan lama penerbangan tak lebih dari 45 menit. Kini, arus penerbangan Jakarta-Lampung nyaris tanpa jeda.

Anda bisa memakai maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, atau Batavia Air. Garuda Indonesia melayani dua kali penerbangan Jakarta--Lampung setiap hari, sedangkan Sriwijaya Air mencapai empat kali.

Menurut General Manager Garuda Lampung Indrayadi, jika permintaan pada liburan Lebaran terus meningkat, akan ada penambahan satu flight pada penerbangan Lampung--Jakarta.

"Selama ini kami melayani dua flight per hari. Bisa saja ada penambahan bila kondisinya ramai," kata dia.

Transportasi udara memang semakin banyak dipilih masyarakat. Selain lebih cepat dan layanannya kian membaik, harga tiket juga terjangkau. "Dengan tiket seharga Rp391.500, Anda sampai ke Jakarta dengan cepat dan nyaman," ujar Indrayadi.

Bosan naik pesawat atau kepengin menikmati perjalanan laut, tak salah jika mencoba sensasi kapal cepat dari Merak ke Bakauheni. Namun, kapal cepat hanya beroperasi siang hari dan saat ombak sedang "ramah". Kendati begitu, ada kapal feri yang siap membawa ribuan orang setiap saat menyeberang ke Bakauheni.

Tiba di Bakauheni, tinggal melanjutkan perjalanan dengan bus atau mobil travel ke tempat tujuan. Bagi yang membawa mobil pribadi, dari Bakauheni bisa langsung ke Bandar Lampung, atau singgah dulu di lokasi wisata Tugu Siger yang berada di sisi kanan perbukitan.

Mudahnya transportasi ke Bandar Lampung membuat daerah ini menjadi tujuan wisata baru, khususnya warga Ibu Kota dan sekitarnya. Apalagi tahun-tahun ini banyak hotel dan penginapan baru yang menyenangkan. Ada hotel yang menawarkan panorama laut karena lokasinya di tepi pantai, ada juga yang menyuguhkan pemandangan Kota Bandar Lampung dari puncak bukit. Tak sedikit pula yang menawarkan keunggulan fasilitas hotel seperti fitness, massage, spa, biliar, kolam renang, restoran, fasilitas karaoke, dan fasilitas lainnya.

Di Lampung, hotel-hotel yang bisa menjadi pilihan tempat berlibur antara lain Hotel Sheraton, Hotel Sahid Bandar Lampung, Indra Puri, Hotel Bukit Randu, Grand Anugerah, Arnes, Kurnia Grup, dan lainnya.

Demi kepuasan pelanggan, sejumlah hotel menawarkan antarjemput tamu ke tempat-tempat wisata atau ke pusat-pusat perbelanjaan.

Salah satu hotel yang menawarkan paket liburan adalah Hotel Bukit Randu. Hotel yang terletak di atas bukit ini, sangat cocok bagi tamu-tamu yang ingin melihat pemandangan Kota Bandar Lampung dari atas bukit.

Selama libur Lebaran, Hotel Bukit Randu menyediakan akomodasi dengan tarif kamar mulai Rp525 ribu hingga Rp1,9 juta. Paket Lebaran Hotel yang menyediakan fasilitas berupa fitnes, sepeda gunung, massage, spa, karoke, restoran, hingga kolam renang ini memberikan gratis fitnes, sepeda gunung, dan kolam renang. Promosi ini berlaku mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. "Pada saat Lebaran, kami menyediakan menu ketupat Lebaran secara lengkap," kata Marketing Manager Bukit Randu, Raban, Sabtu (12-9).

Selain itu, khusus bagi tamu-tamu yang ingin berkeliling Kota Bandar Lampung atau sekadar berbelanja di mal dan tidak memiliki kendaraan, hotel yang menawarkan sensasi pemandangan Kota Bandar Lampung pagi dan senja hari ini memberikan fasilitas free mengantar tamu. Fasilitas ini berlaku mulai pukul 07.00 hingga 09.00. Hotel Bukit Randu juga menyediakan fasilitas antar-jemput tamu ke dan dari bandara.

Sedangkan Hotel Sahid yang terletak di tepi pantai ini mengenakan tarif mudik Lebaran Rp375 ribu/malam atau Rp700 ribu/dua malam. Fasilitas yang diperoleh tamu melalui paket ini, antara lain akomodasi, minuman selamat datang, cookies, free biliar, kolam renang, dan karaoke. Termasuk pula diskon 20% untuk laundry dan free hotspot.

Demikian pula Hotel Indra Puri menyiapkan paket Idulfitri Leasure Rate.

Paket yang berlangsung mulai 20 hingga 26 September 2009 ini dikenakan tarif mulai Rp325 ribu untuk kamar deluxe single bed. Melalui paket ini, hotel yang menawarkan pemandangan Teluk Lampung ini selain memberikan fasilitas akomodasi, juga memberikan free kolam renang, balenso pub, potongan harga 10% untuk beverage di balenso pub, dan pemakaian lapangan tenis selama satu jam, termasuk cofee in room dan welcome drink.

Sedangkan Hotel Grand Anugerah saat Lebaran ini menyiapkan spesial promosi rate untuk menginap. Hotel yang terletak di tengah Kota Bandar Lampung ini, menawarkan harga mulai Rp300 ribu hingga Rp900 ribu/kamar/malam. "Selama Lebaran restoran kami tetap menyajikan menu-menu andalan dan buka 24 jam," kata Marketing Manager Hotel Grand Anugerah, Resti.

Sementara itu, bagi yang tidak memiliki kendaraan, jangan berkecil hati. Berbagai rental mobil siap mengantar Anda dengan paket yang ditawarkan. Ketua Asosiasi Rental Mobil Lampung (ARML), Azwarudin, mengatakan tarif sewa mobil plus supir pada hari biasa hanya Rp200 ribu--Rp300 ribu/hari tergantung jenis mobil yang diinginkan konsumen. Sedangkan pada arus mudik dan liburan lebaran nanti tarifnya naik menjadi Rp450 ribu/hari.

"Tarif ini berlaku untuk semua tujuan di luar bensin. Kalau bensin sepenuhnya ditanggung konsumen," ujar pemilik Oonk Rent Car ini. Sementara bagi yang tidak ingin disertai supir, harga yang ditawarkan mulai Rp300ribu--Rp350 ribu/hari.

Selain tarif per hari, para pengusaha sewa mobil ini juga biasanya menawarkan paket sewa 10 hari kepada konsumen dengan tarif Rp3 juta--Rp3,5 juta. Selamat berwisata ya. n CR-1/MG3/E-1

Sumber: Lampung Post, Rabu, 16 September 2009

No comments:

Post a Comment