September 16, 2009

[Liburan Lebaran] Kiat Agar Liburan Lebih Menyenangkan

YANG namanya liburan pastilah agar segar dan menyenangkan. Namun, stres selama berlibur sering kali terjadi. Agar tidak bete, maka berlibur juga perlu persiapan.

1. Persiapkan segala sesuatu selama liburan. Tentukan dulu hendak liburan di daerah mana, apakah ke hutan, ke gunung, ke pantai, atau lainnya. Sebab, hal ini terkait dengan perlengkapan yang akan dibawa.

2. Perlu bertukar informasi dengan kerabat tentang lokasi wisata yang akan dikunjungi, termasuk lokasi mana saja yang tidak bisa dilewatkan. Lebih baik kunjungilah biro perjalanan agar kita mendapat informasi, sekaligus mengurus segala akomodasi mulai dari visa tiket pesawat penginapan dan sebagainya.

Jika memilih jadi backpackers, biasanya goggling atau membeli buku tentang kota/daerah yang dikunjungi. Tiket dan penginapan di tempat tujuan bisa dipesan atau reservasi terlebih dahulu.

3. Cobalah tulis semua jadwal liburan Anda dalam sebuah agenda. Pastikan Anda merancang dengan efisien tanpa ada yang terlewat. Jangan lupa mencatat keamanan dan cuaca daerah yang akan Anda kunjungi.

4. Jaga kebugaran tubuh selama liburan dengan mengonsumsi makanan sehat di pagi hari. Konsumsi juga multivitamin.

5. Kurangi minum alkohol agar tubuh tetap bugar.

6. Jangan lupa membawa handycam dan kamera buat mengabadikan gambar maupun kegiatan selama liburan.

7. Bawa kompas, untuk penunjuk arah, senter, dan pematik.

8. Bawa perlengkapan pribadi seperti topi untuk melindungi terik matahari dan sun glasses untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet.

9. Jangan lupa membawa obat pribadi dan krem sun block. Perlu juga membawa cadangan makanan seperti biskuit dan air mineral.

10. Jika membawa kendaraan pribadi, cek kesiapan dan kelengkapan kendaraan sebelum pergi berlibur.

Dengan persiapan yang baik, liburan Anda pasti lebih menyenangkan. L-1

Sumber: Lampung Post, Rabu, 16 September 2009

No comments:

Post a Comment