September 24, 2009

Pantai Tanjung Setia Lambar Dipadati Pengunjung

Liwa, Lampung Barat, 24/9 (ANTARA) - Pantai Tanjung Setia dipadati pengunjung baik lokal maupun luar daerah, yang setiap harinya berjumlah tidak kurang 200 orang.

"Sejak kemarin pantai ini dipadati pengunjung baik dari dalam dan luar daerah, tak kurang dari 200 orang dan puluhan kendaraan yang memadati pantai ini," kata penjaga pantai Tanjung Setia, di Kecamatan Pesisir Tengah, Lampung Barat, Provingsi Lampung, Sahtar M, di Krui, Kamis.

Dia mengatakan, sejak Rabu (23/9) pantai dipadati pengunjung. Padatnya pengunjung itu dimanfaatkan pedagang yang memperoleh keuntungan karena dalam sehari dagangan mereka ludes terjual.

"Ada sekitar 23 pedagang yang di sini, rata-rata mereka menjual makanan dan juga oleh-oleh, diantaranya ikan asap, dodol, juga bakso ikan khas pesisir," kata Sahtar.

Sahtar menjelaskan, sayangnya pantai ini tidak dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, sehingga pengunjung pun agak kecewa.

"Seandainya pantai ini terdapat fasilitas yang lengkap saya yakin akan banyak lagi pengunjung yang datang, dan ini seharusnya menjadi perhatian pemkab, agar pantai ini dapat dikelola denganserius sehingga dapat mendatangkan pendapatan bagi Lampung Barat, di sektor pariwisata," katanya.

Sementara itu, pedagang yang berada di pantai tersebut, Mursanah (44), mengatakan, ada keberkahan di hari libur Lebaran dengan berjualan di pantai ini, karena dalam sehari dia mampu mendapatkan keuntungan mencapai Rp130.000.

"Dagangan setiap hari habis terjual dan saya pun mendapatkan keuntungan yang berlipat," kata Mursanah.

Dia menjelaskan, dagangan yang dijajakan yakni oleh-oleh khas pesisir, yakni ikan asap, bakso ikan juga dodol, juga beberapa anyaman hasil kreasi masyarakat.

"Makanan ini yang menjadi makanan favorif pengunjung, selain awet makanan ini mampu bertahan satu minggu lebih dan bakso ikan yang dibuat instan dan pembuatannya secara alami tidak ada tambahan bahan pengawet," katanya.

Sumber: Antara, 24 September 2009

No comments:

Post a Comment