June 9, 2008

Budaya: Lomba Muli-Mekhanai Lampung Barat Dimulai

LIWA (Lampost): Hari ini, Senin (9-6), perhelatan lomba pemilihan muli-mekhanai Lampung Barat 2008 dimulai. Lomba berlangsung selama tiga hari, hingga Rabu (11-6).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lampung Barat Gatot Hudi Utomo mengatakan kegiatan tahunan tersebut bertujuan menggali potensi muli-mekhanai yang mempunyai minat di bidang showbiz, mengembangkan diri, dan mengajak muli-mekhanai Lampung Barat untuk lebih mengenal dan mencintai seni dan budaya daerah, khususnya Lampung Barat.

Selain itu, kegiatan yang juga disponsori Lampung Post ini diharapkan bisa menjadi ajang kreasi bagi muli-mekhanai Lampung Barat untuk mengetahui tentang kepariwisataan daerahnya.

Muli-mekhanai yang terpilih sebagai duta wisata, dapat mempromosikan objek wisata dan budaya Lampung Barat. "Target kami peserta dari berbagai utusan sekitar 40 pasang muli dan mekhanai," kata Gatot di sela-sela persiapan kegiatan itu, Minggu (8-6).

Aspek penilaian meliputi estetika berbusana, catwalk, tata rias, fashion, photostyle. Juga, aspek kecakapan yang meliputi pengetahuan tentang kepariwisataan dan kebudayaan, wawasan dan pengetahuan populer, serta talent show (unjuk bakat). Aspek penilaian lainnya adalah personality meliputi table manner (jamuan makan malam), public speaking, dan etika pergaulan.

Pada hari pertama, peserta akan mengikuti registrasi di Wisma Sindalapai, tes tertulis dan wawancara di Aula Pemkab Lambar, etika kepribadian dan pengembangan diri, beauty class, pembekalan catwalk, dan malam keakraban peserta. "Kami bekerja semaksimal mungkin untuk sukses dan semaraknya kegiatan ini," kata Gatot. n HEN/R-2

Sumber: Lampung Post, Senin, 9 Juni 2008

1 comment:

  1. Anonymous7:27 PM

    sukses terus untuk lampung...saya skrg sekolah di yogyakarta. aslinya orang liwa. tunggu saya kembali kesana dan membangun lampung, ato mungkin suatu saat saya akan muncul di ajang lomba "muli-mekhanai" yang akan datang..:)hehe

    ReplyDelete