June 26, 2008

Sastra: Rancage untuk Lampung

SASTRAWAN asal Lampung Zulkarnain Zubairi mendapat Hadiah Sastra Rancage 2008 untuk kumpulan sajak Mak Dawah Mak Dibingi, kemarin. Penulis yang selalu mencantumkan nama Udo Z Karzi, dalam karyanya itu menerima penghargaan yang diserahkan di Kampus Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat.

Hadiah Rancage untuk sastra berbahasa daerah di luar Pulau Jawa dan Bali diberikan yang pertama kali. Sebelumnya, penghargaan diberikan hanya untuk karya sastra dari Bali, Jawa, dan Sunda.

"Sebagai warga Lampung, saya bangga terpilih menerima Hadiah Rancage," ujar Zulkarnain, yang juga Redaktur Harian Umum Borneo News, di Kalimantan Tengah ini.

Piagam Rancage diserahkan Ketua Yayasan Kebudayaan Rancage H S Kartadjoemena. Kegiatan juga dimeriahkan tarian tradisional Sunda, Bali, Jawa, Lampung, dan tarian Jepang.

Rektor Unpad Ganjar Kurnia, tokoh Sunda Erry Riyana Hardjapamekas, dan berbagai utusan budaya dari sejumlah provinsi di Indonesia ikut hadir.

Hadiah Rancage adalah penghargaan yang sangat prestisius bagi sastrawan berbahasa ibu. Yayasan yang dimotori seniman dan budayawan Ajip Rosidi ini memberi penghargaan setiap tahun sejak 1989. (EM/IK/N-4).

Sumber: Media Indonesia, Minggu, 15 Juni 2008

No comments:

Post a Comment