June 5, 2008

Digelar Lomba Cipta Lagu Lampung

UNTUK melestarikan dan meningkatkan apresiasi lagu Lampung, Bidang Kebudayaan dan Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung menggelar lomba cipta lagu Lampung pada 23--25 Juni di teater tertutup Taman Budaya Lampung (TBL), Bandar Lampung.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung Suwandi menjelaskan tujuan lomba ini menumbuhkembangkan lagu-lagu daerah Lampung dan memperkenalkan nama tempat atau daerah tujuan wista yang ada di provinsi. Lomba ini digelar sekaligus dalam rangka memeringati satu abad Hari Kebangkitan Nasional dan menyambut Visit Lampung Year 2009.

Adapun syair lagu yang diciptakan harus mengisahkan tentang keindahan panorama alam, kenangan cinta, kedamaian masyarakat, kearifan budaya, dan daya tarik lain.

Ketua Pelaksana Ponco Puji Raharto menambahkan syair lagu bisa tentang kota, pemandangan dan tradisi. Persyaratan, peserta minimal berusia 15 tahun, peserta maksimal mengirimkan dua lagu ciptaannya.

Lagu yang dikirimkan asli karya dan aransemen sendiri dan belum pernah dipublikasi dan diikutsertakan dalam lomba sejenis. "Syair lagu berbahasa Lampung boleh dialek 'A' atau 'O'. Karya cipta lagu dikirim dalam bentuk kaset atau CD dengan disertai teks syair beserta not balok atau not angka sebanyak lima lembar," jelas dia, kemarin (4-6).

Kegiatan ini ditutup tanggal 20 Juni 2008. Seleksi lagu akan dilakukan dalam bentuk pementasan pada 23--25 Juni di teater tertutup TBL. Dari semua lagu yang masuk, juri akan menyeleksi menjadi 20 nominasi. Ke-20 nominasi kembali diseleksi dalam pergelaran di Auditorium RRI Bandar Lampung hingga tinggal 10 lagu.

Sepuluh lagu peserta yang terpilih ini bakal mendapat trofi dan dana pembinaan. Bagi peminat, dapat mendaftar ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung di Jalan Jenderal Sudirman, Bandar Lampung. n DWI/S-2

Sumber: Lampung Post, Kamis, 5 Juni 2008

No comments:

Post a Comment