October 24, 2010

DKL Adakan Lomba Puisi Bahasa Lampung

Kapanlagi.com - Dewan Kesenian Lampung (DKL) mengadakan lomba baca puisi Bahasa Lampung untuk pelajar SMA dan sederajat di daerah tersebut.

Ketua Umum DKL Syafariah Widianti, di Bandarlampung, Kamis, mengatakan, perlombaan yang akan diadakan pada November itu merupakan upaya pihaknya untuk menjaga kelestarian Bahasa Lampung, sekaligus mengapresiasi karya sastrawan.

"Semua pihak tentu tak ingin Bahasa Lampung punah atau menjadi sesuatu yang asing di rumah sendiri karena tertelan arus deras globalisasi," kata dia.

Acara itu merupakan bagian dari kegiatan Festival Kesenian Lampung (FKL) yang akan diselenggarakan pada 23-25 November.

Selain lomba baca puisi Bahasa Lampung juga digelar beberapa kegiatan, seperti lomba lukis anak-anak, pameran foto, dan pentas seni tradisi.

Untuk lomba baca puisi Bahasa Lampung, panitia menyiapkan 10 puisi dari buku puisi "Mak Dawah Mak Dibingi" karya Udo Z Karzi, sastrawan sekaligus wartawan salah satu harian di daerah itu.

Para peserta dipersilakan memilih satu puisi untuk dibacakan dari buku yang mendapatkan hadiah Sastra Rancage 2008 itu.

Sementara itu, Ketua Harian DKL Syaiful Irba Tanpaka menambahkan kegiatan ini berangkat dari keprihatinan dan kegelisahan bahwa kaum muda di Lampung semakin jarang menggunakan Bahasa Lampung dalam keseharian mereka.

"Semua pihak harus bangga berbahasa Lampung, karena bahasa merupakan identitas suatu bangsa dan suku," kata dia.

Dia berharap, minat peserta yang akan mengikuti perlombaan itu akan menggembirakan, sehingga dapat menjadi indikator penguasaan generasi terkini terhadap bahasa daerah itu. (antara/mae)



Sumber: Kapanlagi.com, Kamis, 14 Oktober 2010

No comments:

Post a Comment