October 18, 2010

Dunia Maya: 250 Siswa SMA Ikuti Lomba Desain Blog

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lebih dari 250 pelajar SMA dan sederajat di Bandar Lampung mengikuti lomba desain blog di kampus Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya, Minggu (17-10).

"Partisipasi siswa-siswi SMA dan sederajat di Bandar Lampung cukup tinggi, ini menandakan mereka cukup familiar dengan dunia tulis-menulis dan internet," kata Novi Tri Sanjaya, ketua pelaksana kegiatan.

Ia mengatakan agar manfaat dan kegunaan internet tidak disalahgunakan, pendidikan internet sehat mutlak diperkenalkan ke sekolah-sekolah. Jangan sampai teknologi yang seharusnya memudahkan justru berdampak negatif bagi anak.

"Untuk itu sebelum penyelenggaraan kegiatan, tepatnya satu minggu sebelumnya, panitia penyelenggara telah melakukan road show ke lima sekolah di Bandar lampung untuk memberikan pendidikan dan pelatihan tentang pembuatan blog dan internet yang sehat," kata Novi.

Panitia telah menunjuk lima sekolah di Bandar LAmpung untuk menjadi tuan rumah pelatihan, yakni SMA Al Kautsar, SMAN 2 Bandar LAmpung, SMK 1 Bandar Lampung, SMK Trisakti, dan SMA Al Azhar Bandar Lampung. Sebagai tuan rumah, mereka mengundang beberapa sekolah sekitar sebagai peserta.

Ia menjelaskan adanya lomba desain blog yang digelar hari ini untuk mengukur sejauh mana penguasaan mereka terhadap perancangan blog personal. Dari sini juga dapat dipetakan tentang kemampuan mereka dalam memahami materi yang telah diberikan sebelumnya.

"Keuntungan dari memiliki halaman blog adalah siswa dapat memublikasikan segala bentuk tulisannya, apakah itu puisi, cerpen, artikel maupun opini ke dunia maya, dan biasanya setelah dipublikasikan akan mendapat tanggapan dari pembacanya, dari sini akan terjadi diskusi dan tukar pendapat yang mendidik," kata dia.

Novi menambahkan selain perlombaan merancang blog untuk umum, juga dibuka kontes serupa untuk kategori umum yang sebagian besar diikuti oleh mahasiswa, tetapi jumlahnya terbatas sekitar 50-an orang. Selain itu, ada juga lomba fotografi yang juga dibuka untuk umum.

"Baik Indosat, IBI Darmajaya, dan berbagai pihak sponsor lainnya yang mendukung acara ini telah menyiapkan berbagai hadiah menarik kepada pemenang, di antaranya notebook untuk diberikan kepada para juara. Selain itu, Darmajaya juga menyediakan beasiswa atau uang pembinaan bagi mereka yang memperoleh juara pertama," ujarnya. (MG14/S-1)

Sumber: Lampung Post, Senin, 18 Oktober 2010

No comments:

Post a Comment