October 26, 2010

Kemah Sastra: 264 Pelajar 'Bercinta' dengan Prosa dan Puisi

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sebanyak 264 peserta dari 44 SMA dan SMK se-Lampung mengikuti Kemah Sastra. Mereka diajak �bercinta� dengan prosa dan puisi di SMA Negeri I Gadingrejo, Pringsewu, 28-30 Oktober 2010.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Panitia Kemah Sastra Sumarsono, Senin (25-10). Sumarsono mengatakan panitia menargetkan peserta Kemah Sastra berasal dari 50 sekolah se-Lampung. Masing-masing sekolah mengirimkan tiga siswa dan tiga siswi serta seorang pendamping.

"Kegiatan ini diadakan untuk menumbuhkan minat dan menggali bakat peserta. Selain itu sebagai bentuk keprihatinan rendahnya kecintaan pada sastra Indonesia dan lokal," kata Sumarno.

Menurut Sumarno, para peserta akan diajak berdiskusi, berlatih membuat karya sastra, dan mengikuti sesi pemutaran film. Selama perkemahan, peserta akan mengikuti kegiatan yang padat, mulai pukul 04.30 hingga 22.00.

Meskipun disebut perkemahan, para peserta tidak akan tinggal di kemah seperti pada umumnya. Para peserta akan tinggal di bawah tenda komando dengan kapasitas 50 orang yang dipinjamkan TNI Angkatan Laut. Menurut dia TNI AL meminjamkan enam buah tenda. "Kemah Sastra digagas seorang dosen sastra dari Universitas Kristen Indonesia yang pernah datang ke SMA Negeri 1 Gadingrejo beberapa waktu lalu," kata dia.

Panitia Penyelenggara Kemah Sastra dari unsur siswa, Rofi, mengatakan peserta kemah akan diajak menonton bersama film sastra dari Jepang, Palestina, Prancis, dan Meksiko. Perwakilan dari negara-negara tersebut juga akan hadir pada sesi pemutaran film.

Sementara itu, pada sesi pelatihan sastra, peserta akan dilatih membuat puisi, novel, cerpen, dan karya sastra yang lain. Pelatihan diisi pembicara dari India, juga sastrawan Indonesia yang akan memberikan ilmunya, yakni Arswendo Atmowiloto.

"Pada intinya peserta akan dilatih agar lebih mengenal sastra Indonesia maupun luar negeri. Kegiatan ini disebut Kemah Sastra karena hampir setiap kegiatannya berhubungan dengan upaya untuk mengenal sastra, dari berbagai segi," kata dia. (MG11/U-3)

Sumber: Lampung Post, Selasa, 26 Oktober 2010

No comments:

Post a Comment