October 20, 2010

Kemah Sastra: 5 Negara Siapkan Stan

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Lima negara menyatakan mendukung kegiatan Kemah Bahasa dan Sastra Pelajar SMA se-Provinsi Lampung, yang akan digelar 28�31 Oktober 2010 di SMA Negeri 1 Gadingrejo, Pringsewu.

Kelima negara tersebut, adalah Prancis, Jepang, Rusia, Palestina, dan Belanda. "Sudah lima negara yang menyatakan mendukung kegiatan Kemah Sastra. Kelima negara ini membuat stan yang diisi dengan pengenalan akan karya-karya sastra dari negara mereka masing-masing," kata Ketua Panitia Kemah Bahasa dan Sastra Pelajar se-Provinsi Lampung, Sumarno, Selasa (19-10).

Selain kepastian dukungan dari luar negeri, Sumarno mengatakan Kemah Bahasa dan Sastra yang diikuti 300 pelajar tingkat SMA se-Provinsi Lampung itu akan dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal dan Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P.

"Pembukaannya dihadiri Wakil Menteri Pendidikan Nasional dan juga Bapak Gubernur. Insya Allah, perwakilan dari kedutaan asing yang mendukung atau dari atase kebudayaan, juga bisa hadir," ujar Sumarno.

Kemah Bahasa dan Sastra pelajar SMA se-Provinsi Lampung digelar selama empat hari. Kegiatan yang ditujukan untuk menguatkan karakter generasi muda melalui bahasa dan sastra itu digelar dalam bentuk kerja sama antara SMA Negeri 1 Gadingrejo, Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, dan Harian Umum Lampung Post.

Kemah Bahasa dan Sastra akan diisi pembicara, terdiri dari sastrawan dan budayawan dari Lampung yang akan lebih memperkuat akar dan budaya Lampung bagi pelajar.

Hadirkan Sastrawan

Kemah Bahasa dan Sastra juga akan menghadirkan sastrawan dan penulis, seperti Arswendo Atmowiloto, sastrawan-sastrawan Lampung, pakar linguistik dari Universitas Lampung, serta pakar sastra lisan Lampung. Peserta juga akan diberi materi tentang penulisan jurnalistik.

Kemah Bahasa dan Sastra juga untuk membuat pelajar bangga berbahasa Indonesia. Sebab itu, kegiatan ini juga melibatkan Pusat Bahasa di Jakarta dan Provinsi Lampung.

Sementara itu, jajaran kepanitiaan Kemah Bahasa dan Sastra, kemarin menggelar rapat pemantapan. Rapat dipimpin Kepala SMA Negeri 1 Gadingrejo Hermin Budiarsi dan Pemimpin Redaksi Lampung Post Sabam Sinaga.

Ketua Panitia Sumarno, yang juga guru bidang studi Bahasa dan Sastra di sekolah itu, dalam rapat tersebut mengatakan persiapan mencapai 80%. "Waktunya tinggal delapan hari. Persiapan acara sampai saat ini sudah 80%," kata Sumarno. (KIS/K-1)

Sumber: Lampung Post, Rabu, 20 Oktober 2010

No comments:

Post a Comment