August 5, 2010

Richi: Seni Hanya Jadi Kepuasan Batin

Bandarlampung, 5/8 (ANTARA) - Didi Arsandi, mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung (Unila) juara III kategori Penulisan Puisi Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) tahun 2010, menganggap seni sastra hanya untuk memenuhi kepuasan batinnya saja.

Pria yang biasa disapa Richi itu, di Bandarlampung, Kamis, mengatakan dirinya ingin mencari uang dan pekerjaan dari bidang biologi dari pada menjadi sastrawan ketika lulus kuliah.

Menurut Richi saat ini apresisasi seni di masyarakat Lampung masih kurang, bahkan penghargaan dari pihak Rektorat Unila atas kemenangan mahasiswa Unila di ajang Peksiminas hingga kini masih menunggu konfirmasi.

"Dari Unila masih belum ada konfirmasi mau dikasih apa, kalau Pembantu Rektor III Unila yang dulu menyarankan pemenang Peksiminas untuk mengajukan beasiswa PPA," ujar dia.

Richi menyarankan agar perhatian dan pembinaan seni di kalangan mahasiswa lebih ditingkatkan lagi baik dari pihak universitas maupun pemerintah daerah.

Menurutnya, ada dua daerah di Pulau Sumatera yang perkembangan seninya cukup baik, yaitu di Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Barat.

Tetapi Provinsi Lampung masih kalah dengan Provinsi Sumatera Barat karena di sana sudah ada sekolah khusus seni, sedangkan di Provinsi Lampung tidak ada.

Dia pun berharap masyarakat dan pemerintah dapat memberikan penghargaan yang lebih bagi pelaku seni, sehingga dapat memajukan dunia seni di Provinsi Lampung.

Selain itu Richi juga berharap agar pembinaan, pengelolaan dan pemberdayaan kesenian dapat diserahkan kepada pelaku seni, pemerintah hanya perlu mengkoordininasikan dan mengakomodasi saja.

Karena menurutnya pelaku seni lebih paham apa yang terbaik bagi perkembangan dunia seni, dan juga untuk menghindari birokrasi yang terlalu berbelit-belit.

Pada Peksiminas yang diselenggarakan tanggal 24-29 Juli lalu di Pontianak, Richi meraih juara III kategori Penulisan Puisi dengan puisinya yang berjudul "Anjing Saya".

Dia sebenarnya agak kecewa dengan kemenangan yang dia raih karena dirinya memprediksi mendapat juara I pada tahun ini, karena sebelumnya dia sempat jadi juara I pada Peksiminas tahun lalu di Jambi, meraih juara satu kategori Penulisan Naskah Drama.

Ia pun mengatakan dirinya sengaja memilih ikut dalam kategori penulisan puisi pada Peksiminas tahun 2010 karena peraturan peksiminas tidak membolehkan juara pada tahun lalu ikut serta pada kategori yang sama tahun ini.

Selain Richi, perwakilan dari Provinsi Lampung yang menang di peksiminas adalah Riki Zubri, mahasiswa Diploma III Sistem Informatika FMIPA Unila, mendapat juara harapan I Kategori Pembacaan Puisi.

Sumber: Antara, 5 Agustus 2010

1 comment:

  1. Anonymous3:29 PM

    Mantap! (Herman H.N - Tabroni)

    hehehe

    No one word missing as like as the reporter asked me..

    ReplyDelete