August 16, 2010

[Lampung untuk Indonesia] Indahnya Wisata Pantai di Lampung

PANTAI masih menjadi salah satu tempat berwisata favorit warga. Selain murah meriah, banyak hal yang bisa dilakukan di pantai mulai dari berenang, menyelam, berselancar, atau memancing.

Jika malas melakukan itu semua, Anda dapat duduk, tidur-tiduran, atau membaca di pinggir pantai baik di bawah tenda, pondokan, atau lesehan sambil menatap keindahan alam. Tiupan angin pantai nan sepoi-sepoi bukan tidak mungkin membuat Anda tertidur.

Banyak pantai yang bisa Anda pilih, baik di Bandar Lampung, maupun luar Bandar Lampung. Bahkan, hampir seluruh pesisir Lampung terdapat pantai yang indah. Beberapa pilihan antara lain Pantai Mutun, Pasir Putih, Pantai Krui, Tanjung Setia, dan sejumlah pantai di Teluk Lampung. Selain itu, liburan di pantai Lampung menyajikan atraksi paling memikat, yakni tarian lumba-lumba.

Masing-masing pantai ini memiliki pesona tersendiri. Misalnya Pantai Tanjung Setia yang terletak 60 km dari Liwa (ibu kota Lampung Barat). Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di Krui, Lampung Barat, dan sangat dikenal sebagai salah satu pantai dengan ombak tertinggi di dunia (tinggi 5 meter dan panjang gelombang 200 meter). Wisatawan asing dari mancanegara selalu berkunjung terutama untuk berselancar.

Jadi, jika Anda mempunyai hobi berselancar, Tanjung Setia akan menjadi salah satu pilihan tepat. di sini juga tersedia surfing camp untuk lebih memudahkan para wisatawan yang ingin melakukan surfing.

Sementara itu, Teluk Kiluan di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, adalah wisata dengan pesona tersendiri pula. Teluk Kiluan adalah surga bagi lumba-lumba. Samudera nan luas itu setiap saat menjadi kolam pertunjukan tariannya. Ada atau tidak ada penonton. Angin yang berembus di permukaan air laut membiru, menciptakan gelombang-gelombang kecil ombak beriring. Sapuan semilir itu seolah menjadi hitungan "satu-dua-tiga" bagi belasan lumba-lumba yang bercengkerama di bawahnya.

Seperti mendapat aba-aba, makhluk laut nan cantik itu menggelegak ke udara hingga seluruh tubuhnya telanjang oleh setiap mata yang menatap. Lalu, melengkung di udara, dan kepalanya menghunjam lagi ke air. Seperti mengantre, lumba-lumba itu berganti-ganti beratraksi sehingga dalam jangka beberapa menit, pemandangan natural tanpa rekayasa itu tersaji tanpa henti. Tontonan asyik kan?

Selain pantai-pantai itu, di Teluk Lampung di wilayah Lampung Selatan juga terdapat pantai lain seperti Pantai Canti, Pantai Wartawan, Laguna Helau, Merak Belantung, Tanjung Selaki, dan Pantai Marina.

Pantai Marina memiliki pemandangan indah dengan batu-batu karang yang bentuknya beraneka ragam. Menurut cerita rakyat, ada batu karang yang disebut Batu Balai merupakan tempat Pangeran Cindar Bumi menerima tamu. Pantai ini terletak di Kecamatan Sidomulyo 43 kilometer dari Bandar Lampung atau 22 kilometer dari Kalianda. Fasilitas yang tersedia di sini beragam.

Di Pesawaran, kita juga menemukan Pantai Mutun yang tak kalah oke, lengkap dengan berbagai permainan. (HESMA ERYANI)


Sumber: Lampung Post, Senin, 16 Agustus 2010

No comments:

Post a Comment