September 16, 2013

Mukri Raih Kamaroeddin Award

TANJUNGKARANG PUSAT (Lampost): Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung menggelar malam penganugerahan Saidatul Fitriah dan Kamaroeddin Award untuk kalangan jurnalis dan nonjurnalis yang konsisten memperjuangkan karyanya. Penghargaan diberikan pada resepsi HUT ke-19 AJI di Kafe Dawiels, Tanjungkarang Pusat, Sabtu (14-9).

Penghargaan Kamaroedin 2013 diberikan kepada Mukri Friatna, aktivis lingkungan, mantan Direktur Walhi Lampung, yang kini menjabat deputi Walhi nasional. Penghargaan Kamaroeddin ini diberikan kepada orang atau lembaga yang dinilai memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan jurnalisme dan demokrasi di Lampung.


Ketua Tim Juri Kamaroeddin dan Saidatul Fitriah, Budisantoso Budiman, mengatakan Mukri dinilai konsisten memperjuangkan isu lingkungan dalam ranah lokal dan nasional. Pernyataan Mukri di banyak media dinilai ikut mendorong peningkatan mutu konservasi lingkungan.

Adapun penghargaan Saidatul Fitriah diberikan kepada jurnalis Radar Lampung Ari Suryanto dan Noval Andriansyah dari Tribun Lampung. Penghargaan kali ini tercatat dalam sejarah karena baru kali ini penerima penghargaan Saidatul Fitriah ada dua jurnalis.

Penghargaan Saidatul Fitriah diberikan kepada jurnalis yang karyanya dianggap memberikan perubahan sosial di masyarakat. Sejak pertama diberikan pada 2008, beberapa jurnalis telah menerima penghargaan ini. Lampung Post tiga tahun berturut-turut sejak 2008 mendapat penghargaan ini yang diwakili tiga jurnalisnya: Bambang Eka Wijaya, Amiruddin Sormin, dan Agus Susanto.

Sementara beberapa tokoh yang pernah dianugerahi Kamaroeddin Award di antaranya Dosen FE Unila Asrian Hendi Caya, Dosen FISIP Unila Syarief Makhya, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Agus Sri Danardana, dan Ketua Komisi Informasi Lampung Juniardi.

Dalam HUT AJI kali ini, panitia juga mengundang Teater Satu pimpinan Iswadi Pratama untuk menampilkan pembacaan puisi oleh Ruth Marini dan Ahmad Yusmar dan pementasan teater Aruk. Hadir juga seniman Isbedy Stiawan Z.S. yang membacakan beberapa puisi.

Berbagai tamu undangan tampak hadir, antara lain Bupati Way Kanan Bustami Zainudin, Komisioner KPU Lampung Firman Seponada, Ketua KI Lampung Juniardi, anggota DPRD Ahmad Nyerupa, jurnalis senior Lampung Oyos Saroso, dan ratusan tamu lainnya. (CR4/ASP/K1)

Sumber: Lampung Post, Senin, 16 September 2013  

No comments:

Post a Comment