February 6, 2008

Land Mark: Masyarakat Bangun Tugu Durian

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Wali Kota Bandar Lampung Eddy Sutrisno meletakkan batu pertama pembangunan Taman Tugu Durian, di Simpang Tiga Jalan Radin Imba Kesuma Ratu--Jalan Agus Salim, Sukadanaham, Tanjungkarang Barat, sekitar pukul 10.00, Selasa (5-2). Diharapkan, adanya Taman Tugu Durian menjadikan Bandar Lampung kota wisata durian.

Camat Tanjungkarang Barat Nursyamsu Gani mengatakan dibangunnya Taman Tugu Durian di Kelurahan Sukadanaham karena kawasan tersebut merupakan sentra tanaman durian di Bandar Lampung. Pihak kecamatan juga ingin menjadikan tempat ini sebagai kawasan agrowisata durian.

"Pembangunan Taman Tugu Durian merupakan hasil swadaya masyarakat Tanjungkarang Barat, dengan perkiraan biaya pembangunan sebesar Rp90 juta--Rp100 juta. Sudah banyak pengusaha yang akan memberikan bantuan pembangunan Taman Tugu Durian tersebut," kata Nursyamsu Gani.

Bantuan tersebut, berasal dari H. Ridwan Nasution sebesar Rp15 juta. Sedangkan bantuan lain yang sudah menyatakan akan memberikannya dalam waktu dekat, Bupati Lampung Tengah Andi Achmad Syampurnajaya, Thomas Riska, Haryono Utomo, dan Anang Sukiman.

"Sedangkan tanah pembangunannya pemberian Camat Tanjungkarang Barat," kata Nursyamsu, menyebut dirinya sendiri.

Wali Kota Bandar Lampung Eddy Sutrisno mengatakan jika dilihat dalam gambar tampaknya pembangunan Taman Tugu Durian akan memberikan ciri khas durian asal Kota Tapis Berseri. Namun, dia berharap agar pembangunan Taman Tugu Durian tidak memakan waktu lama.

"Dengan adanya Taman Tugu Durian tersebut, saya berharap akan menumbuhkan minat warga Bandar Lampung untuk terus membudidayakan tanaman tersebut. Dengan demikian, Bandar Lampung benar-benar akan menjadi kawasan agrowisata durian dan menjadi salah satu sentra durian di Lampung," kata Eddy.

Eddy meminta masyarakat Sukadanaham dapat terus mengembangkan budi daya durian dengan citra rasa yang khas. "Saya berharap, contoh buah durian yang diberikan hari ini, benar-benar merupakan durian lokal yang bisa terus dikembangkan," kata dia.

Ketua Pelaksana Pembangunan Taman Tugu Durian yang juga Sekretaris Camat (Sekcam) Tanjungkarang Barat Romas Yadi mengatakan salah satu ciri khas yang akan tampak pada taman ini adalah berdirinya Taman Tugu Durian. Satu bentuk tiruan buah ini akan ditempatkan pada puncak tugu.

"Seperti diketahui, buah durian merupakan potensi unggulan Kelurahan Sukadanaham. Bila sedang musimnya, kebanyakan warga setempat juga beralih profesi sebagai pedagang durian musiman. Mayoritas warganya juga punya kebun durian," kata Romas. n KIM/*/K-1

Sumber: Lampung Post, Rabu, 6 Februari 2008

No comments:

Post a Comment