February 28, 2008

Sastra: Imelda A. Sanjaya Luncurkan 'Goran'

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Novelis asal Bumi Ruwa Jurai, Imelda A. Sanjaya, meluncurkan novel perdananya, Goran. Penerbit Serambi, Jakarta, menerbitkan novel alumnus SMAN 2 Tanjungkarang (kini SMAN 2 Bandar Lampung), sekitar akhir tahun lalu dan kini sudah bisa diperoleh di toko buku di Bandar Lampung.

Imelda, Rabu (27-2), mengatakan karya perdana ini dicetak sekitar 3.000 eksemplar. Ia menuturkan menulis novel ini awalnya tidak sengaja. Kesukaannya memang menulis. Hingga pada suatu waktu, saat menulis, ia terinspirasi meneruskan karya dalam bentuk novel.

"Awalnya ya hanya mengetik. Tidak diniatkan khusus menjadi novel. Namun, setelah dapat seratus halaman, saya memutuskan menjadikannya novel. Akhirnya selesai dan saya kirim via surat elektronik ke beberapa penerbit. Alhamdulillah, Penerbit Serambi yang pertama kali merespons karya itu, sehingga mereka yang kemudian menerbitkan," urai Imelda, kemarin.

Kini, Imelda tengah sibuk mempromosikan karyanya itu ke beberapa pihak. Media dunia maya ia jelajahi untuk memberi tahu semua kerabat bahwa ia sudah menerbitkan novel. "Iya nih, sekarang lagi sibuk promosi. Ngasih tahu teman-teman kuliah dan SMA supaya mereka beli. Kalau enggak gitu, khawatir tidak banyak yang tahu. Doain ya supaya novelnya laku," ujar dia.

Secara umum, novel ini hampir mirip dengan Harry Potter. Isinya fantasi, tapi tetap berhubungan dengan dunia luar dan realitas masyarakat sehari-hari. Tokoh utamanya Aniki Kodama, siswa SMA di Jepang yang punya kemampuan luar biasa. Dia punya kesaktian yang pada awalnya tidak dia sadari hingga suatu saat terbukalah rahasia mengapa Aniki punya kemampuan super. Ada lagi tokoh lain seperti Orphann dengan kelompok Theft Ryder-nya dan kendaraan semodel ladakh carp.

"Dijamin asyik deh membacanya," ujar Imelda sembari berpromosi. n */S-2

Sumber: Lampung Post, Kamis, 28 Februari 2008

3 comments:

  1. Anonymous6:57 AM

    Dunia penulis Lampung sebenarnya makin menunjukkan peningkatan yang lumayan berarti. Saya sebagai warga Lampung cukup bangga dengan anak-anak Lampung yang mampu/berhasil menerbitkan karya-karya mereka di penerbit2 yang ada di Indonesia. Selain Leonita Esther Patricia yang sukses dengan novel2 teenlit-nya yang cukup banyak dan telah diterbitkan oleh Penerbit Katakita, muncul lagi Imelda A. sanjaya penulis fantasi yang diterbitkan oleh penerbit Serambi, Jakarta. Dan saya sangat kaget waktu salah satu teman saya menunjukkan sebuah teenlit terbitan Penerbit besar sekelas Gramedia Pustaka Utama berjudul Uglyphobia (saya lupa nama penulisnya). Yang mengejutkan ternyata novel teenlit itu juga adalah tulisan anak Lampung. Dan ini membuktikan bahwa, ternyata bertambah lagi anak2 Lampung yang berbakat dalam dunia tulis-menulis khususnya novel. Selamat buat penulis2 Lampung!

    Hermawan. S

    ReplyDelete
  2. Teenlit: Uglyphobia karya Queen Soraya.

    Ada juga Anjar, cewek Lampung yang kini tinggal di Bandung. Karya-karyanya: Beraja, Kidung, Tiga, dll.

    ReplyDelete
  3. Anonymous6:49 AM

    Allow...
    Kabar-kabari doong kalo ada penulis novel dari LAmpung lagi. Soalnya novelis dari Sang Bumi Ruah Jurai tercinta ini kayaknya langka banget, ya? LANGKA atau KURANG TEREKSPOS, ya? Hehe...
    Yah, pokoknya kabar-kabarin ya? Sebagai orang yg berambisi jadi penulis, serasa mendapat energi baru dan semangat kalo mendengar ada penulis Lampung yg sukses menerbitkan novel mereka. Bahkan, diterbitkan oleh penerbit besar seperti Gramedia. thanks! ;)

    ReplyDelete